Rumah Data Kampung KB Belum Berjalan

49

PALAS – Koordinator Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dalduk KB) Kecamatan Palas mengharapkan Rumah Data di Kampung KB bisa dijalankan pada tahun 2019 mendatang.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Koordinator Dalduk KB Kecamatan Palas Sukaryadi pada saat menghadiri Musrenbangdes di Desa Pematangbaru, Rabu (7/11).

Sukaryadi mengatakan, sejak dicanangkannya Desa Tanjungjaya dan Desa Pematangbaru sebagai Kampung KB, namun hingga saat belum memiliki Rumah Data sebagai pusat informasi data desa.

“Sudah dua tahun dicanangkan, namun Rumah Data sebagai pusat data informasi data desa masih belum berjalan,” kata Sukaryadi kepada Radar Lamsel.

          Sukaryadi menerangkan, dengan adanya Rumah Data masyarakat dapat lebih mengenal data kependudukan di desanya dan sebagai wadah untuk mengaktualisasikan program pembangunan desa.

BACA :  Peringati Hari Pahlawan, Karang Taruna Gelar Turnamen Bola

“Walaupun Rumah Data masuk kedalam program Kampung KB, namun tidak hanya memberikan informasi jumlah pertumbuhan penduduk saja. Rumah Data ini juga untuk mengaktualisasikan pembangunan desa sehingga masyarakat juga pemerintah kabupaten akan tahu informasi perkembangan pembangunan desa, jumlah penduduk dan bahkan potensi apa saja yang ada di Kampung KB ini,”  tuturnya.

BACA :  Dilalui Mobil Truk Semen, Jalan Rusak Minta Diperbaiki

Sejauh ini, Sukaryadi menerangkan, dua desa yang dinyatakan sebagai Kampung KB masih dalam tahap persiapan pengumpulan data desa. “Kalau bentuk fisiknya sudah ada, sekarang masih tahap pengumpulan data, diharapkan pada tahun 2019 dapat berjalan,” imbuhnya.

Sementara itu Penyuluh KB Desa Pematangbaru Marsaid menjelaskan, pihaknya masih dalam melengkapi buku induk data informasi desa. “Untuk kepengurusannya sudah terbentuk, sekarang masih melengkapi buku induk data informasi desa,” pungkasnya. (vid) 

BAGIKAN