Sajikan Nasi Rawon Kelapa ala Grand Elty

467
Edwin Apriandi – Chef Grand Elty Krakatoa Satria Sanjaya menunjukan menu makanan baru yaitu Nasi Rawon Kelapa yang akan disuguhkan kepada wisatawan.

PARA pencinta kuliner bakal disuguhkan dengan menu makanan yang unik nan lezat di Grand Elty Krakatoa di Desa Merak belantung, Kecamatan Kalianda. Sebab, objek wisata petualangan dan hotel itu kini menyiapkan suguhan menu baru yaitu Nasi Rawon Kelapa.

Sepintas Nasi Rawon yang disuguhkan tak jauh berbeda dengan nasi Rawon yang mungkin sudah dikenal publik. Namun Nasi Rawon Kelapa ala Grand Elty ini bakal menambah khasanah kuliner Kota Kalianda karena keunikan dan citra rasanya.

Ya, selain berbahan baku bumbu dan rempah, Rawon yang identik dengan daging sapi dan kluwek ini kian gurih dengan tambahan kelapa muda yang dibakar.

“Gurih ini dihasilkan dari bumbu yang tanpa penyedap rasa. Kelapa muda yang kita bakar menambah citra rasa beda dari rawon-rawon pada umumnya,” kata Chef Grand Elty Satria Sanjaya kepada Radar Lamsel, Kamis (13/7) kemarin.

Satria mengakui Nasi Rawon Kelapa yang disuguhkan Grand Elty berbeda dengan nasi rawon pada umumnya. Sebab, selain ditambahkan kelapa bakar, penyajian masakan khas ala Jawa Timur itu juga menggunakan buah kelapa segar. “Daging sapi empalnya empuk. Buah kelapa ini menjadi mangkuknya. Selain unik, ini juga bisa menghemat mangkuk yang ada,” unkap Satria sambil berkelakar.

Satria mengklaim kreasinya tentang Nasi Rawon Kelapa boleh jadi yang pertama di Provinsi Lampung. Dia mengklaim Rawon itu bakal menjadi menu andalan di Grand Elty Krakatoa bagi siapapun yang datang untuk makan siang maupun malam. “Rawon ini kan bisa dimakan siang maupun malam. Bisa jadi lebih segar dengan tambahan cabai dan jeruk nipis,” paparnya.

Juru masak profesional itu mengaku inspirasinya atas menu Rawon Kelapa adalah memadukan menu makanan dengan kearifan lokal yang ada di Lampung Selatan. Kelapa, kata Satria, merupakan komoditas lokal Lamsel yang keberadaannya sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. “Kelapa kan kita banyak disini. Ya, kita olah dengan banyak macam menu,” ungkapnya ramah.

Tak hanya unik dan nikmat, Nasi Rawon Kelapa yang siap menambah daftar kuliner di Kota Kalianda itu juga dipatok dengan harga yang relatif murah. Untuk satu porsi rawon dihargai sebesar Rp 60.000.

Masyarakat yang mau menikmati menu itu bisa datang ke Grand Elty tanpa di cas biaya masuk. “Kan kalau memang mau makan kita nggak kenakan cas. Tapi nanti saat pulang tunjukan bill makannya kepada pihak keamanan di pintu masuk,” pungkasnya. (edw)

 

BAGIKAN