SAR Mapasanda Siap Jaga Gunung dan Pantai

589
Idho Mai Saputra – Pengarah SAR Mapala Muhammadiyah Indonesia Zulfahmi Sengaji, SE, MM memberikan secara simbolis sarana dan pra sarana perlengkapan SAR kepada Ketua SAR Mapasanda Andi, Jum’at (29/4) pekan lalu.

KALIANDA – Mahasiswa Pecinta Alam Semesta Kalianda (Mapasanda) STIE Muhammadiyah yang tergabung dalam kepengurusan search and rescue (SAR) Mapala Muhammadiyah Indonesia di tingkat daerah harus siap untuk menjaga keamanan pantai dan pegunungan diwilayah Kabupaten Khagom Mufakat ini.
Hal tersebut ditegaskan Pengarah SAR Mapala Muhammadiyah Indonesia Zulfahmi Sengaji, SE, MM kepada para anggota Mapasanda di Kampus STIE Muhammadiyah Kalianda, Jum’at (29/4) pekan lalu.
Menurut Zulfahmi, SAR Mapasanda harus aktif memantau kondisi pantai dan pegunungan yang sering dikunjungi masyarakat di wilayah Lamsel. Dengan begitu, kegiatan SAR Mapala Muhammadiyah bisa berjalan dengan baik di setiap kabupaten.
“Kita harus selalu siap membantu masyarakat yang mengalami musibah, khususnya di pantai dan di gunung. Karena, memang wilayah Lamsel ini banyak pantai wisata dan juga gunung Rajabasa yang sering menjadi tempat kemping para pecinta alam,”kata Zulfahmi.
Pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan KPHL Lamsel dalam hal ikut menjaga keamanan Gunung Rajabasa. “Dalam waktu dekat, setiap pantai wisata juga akan kami berikan surat resmi mengenai hal ini,”imbuhnya.
Langkah awal yang dilakukan SAR Mapasanda STIE Muhammadiyah Kalianda, lanjutnya, yakni dengan menyiagakan anggota SAR disetiap hari libur khususnya di pantai-pantai yang ramai dikunjungi wisatawan.
“Kami sudah memberikan pelatihan kepada para anggota SAR. Selain itu, STIE Muhammadiyah Kalianda juga telah memberikan suport berupa penyediaan sarana dan pra sarana SAR bagi para anggotanya,”tutupnya.
Sementara itu, Ketua Mapasanda Andi mengaku siap untuk mengemban tugas tersebut. Sebab, kegiatan tersebut merupakan salah satu kegiatan sosial yang semestinya dilakukan oleh sesama manusia.
“Apalagi, kita mahasiswa Muhammadiyah yang memang dituntut untuk membantu sesama manusia yang mengalami kesusahahn. Mudah-mudahan, niat baik ini akan selalu mendapatkan kemudahan dalam menjalankan tugas,”singkat Andi. (idh)

BACA :  Disnak Buka Pelayanan Vaksin Rabies Gratis
BAGIKAN