Sasaran PAUD Bukan Calistung, Tapi Karakter Baik

13
Shofyan Apriyansyah – Ketua Himpaudi Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto, memberi sambutan kepada peserta yang hadir saat Pengukuhan Bunda PAUD di Kecamatan Candipuro, Selasa (01/9).

CANDIPURO – Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto tekankan kepada Tenaga pendidik (Tendik) PAUD se-Kecamatan Candipuro, bahwa pelajaran membaca, menulis dan berhitung (Calistung) tidak diperkenankan untuk diajarkan langsung terhadap anak usia dini.

Arahan itu diungkapkan Winarni saat menyampaikan sambutan dikegiatan pengukuhan Bunda PAUD dan gelar lomba apresiasi bunda PAUD Kabupaten Lampung Selatan, di lingkungan Kecamatan Candipuro, yang dihadiri oleh Kadis Pendidikan Kabupaten Lampung Selatan Drs. Burhanudin, MM, beserta jajaran, Camat beserta Forkopimcam, Kades, bunda PAUD, Kepsek se-Kecamatan Candipuro, Selasa (01/9).

Menurut Winarni, pendidikan PAUD adalah kelompok bermain untuk melatih daya kreatif serta kemandirian anak-anak. Sehingga tidak diperkenankan memaksa anak-anak di jenjang usia dini belajar Calistung.

“ Menyekolahkan anak di Taman Kanak-Kanak (TK) harus bisa berhitung, tau huruf dan bisa membaca, ternyata metode pembelajaran seperti itu salah jika diterapkan oleh anak usia dini.” Ujar Winarni.

BACA :  Wakili Lamsel, SDN1 Triharjo Bidik Juara Lomba UKS

Winarni Menambahkan, jika dipaksakan anak usia dini harus bisa Calistung, akan berdamapk kepada semangat anak untuk belajar bisa menurun dijenjang pendidikan selanjutnya.

“ Ibu-ibu sayang tidak dengan anak-anaknya, nah ini bisa jadi perhatian kita semua. Jangan sampai kita paksakan calistung kepada anak usia dini, karena bisa berbahaya untuk kepribadian dan masa depan anak- anak.” Tuturnya.

Untuk itu Winarni berharap, para orang tua dan tenaga pendidik dapat mensosialisasikan hal tersebut ke masyarakat, bahwa anak usia dini terhitng sejak usia 0-6 tahun wajib mendapatkan pendidikan usia dini, untuk pengembangan prilaku dan mendidik karakter anak.

“ Jadi lembaga PAUD jangan Cuma menerima anak didik saja, tapi juga harus bertanggung jawab dengan pendidikan muridnya. Ini program pemerntah pusat yang harus kita sosialisasikan, bagaimana pemerintah begitu perhatiannya dengan generasi penerus bangsa.” Ujar Winarni.

BACA :  Pasang Tegangan Menengah, Supaya Blackout Tak Sampai 3Jam

Kadisdik Lampung Selatan Drs.Burhanudin, MM, meminta orang tua dan Tendik untuk lebih menanamkan karakter yang baik, kemandirian, kedisiplinan kepada anak-anak sebagai pondasi menuju jenjang yang lebih tinggi.

“ Jangan paksakan mereka untuk Calistung, tapi ajarkan karakter-karakter yang baik. Didik mereka untuk disiplin, didik mereka bagaimana mengenal tuhan lebih dekat, menanamkan akhlakul karimah dan bagaimana bersinergi dengan guru-gurunya.” Harapnya.

Ketua Himpaudi Kecamatan Candipuro Singgah Puriyawati mengatakan, pihaknya akan gencar mensosialisasikan di setiap kegiatan kepada orang tua untuk tidak diperkenankan memaksa anak usia dini untuk bisa Calistung.

“ Kami akan sosialisasikan hal ini kepada orang tua anak didik PAUD, untuk tidak memaksakan anaknya bisa Calistung.  Karena bisa berdampak buruk pada prilaku dan karakter anak usia dini.” pungkasnya.(CW2)

BAGIKAN