SDN 3 Pasuruan Tekankan Penguatan Karakter Siswa

303

PENENGAHAN – Sekolah dasar (SD) Negeri 3 Pasuruan berupaya melakukan penguatan pendidikan karakter (PPK) terhadap siswa-siswinya. Langkah ini diterapkan melalui kegiatan ekstra kulikuler (ekskul) yang rutin digelar setiap hari.

Kepala Sekolah SDN 3 Pasuruan, Drs. Herianto, M.Pd mengatakan kegiatan ekskul di sekolah pimpinannya itu dilakukan usai jam belajar hingga pulang sekolah. Tepatnya pada pukul 13.30 – 15.00 WIB.

“Diikuti oleh seluruh siswa, dan ini wajib. Karena kami ingin menguatkan karakter pada diri masing-masing anak, dan juga membentuk mental mereka,” kata Heri kepada Radar Lamsel, Minggu (18/11/2018).

BACA :  Asosiasi Cabai Penengahan Siapkan Pasar Lelang

Heri melanjutkan, siswa yang mengikuti ekskul Karate akan mendapatkan jadwal khusus, di mana mereka akan mengikuti ujian kenaikan sabuk yang digelar setiap hari Minggu. Menurut Heri, ujian ini bermaksud melihat kemampuan dan keahlian siswa.

“Selama 5 hari, siswa-siswi yang mengikuti ekskul akan ditempa, baik dari segi kehalian maupun kualitasnya. Nah, uji kenaikan tingkat ini untuk melihat sudah sejauh skill mereka,” katanya.

Perlu diketahui, SDN 3 Pasuruan merupakan satu dari dua SD di Kecamatan Penengahan yang masuk dalam uji coba program 5 hari sekolah. Selain penguatan pendidikan karakter, pihak sekolah juga menerapkan program senyum, salam, dan sapa atau 3S.

BACA :  Nanda Indira Dendi : Tanggungjawab Pendidik PAUD Luar Biasa

“Kami juga memberikan pelajaran mengaji dan literasi selama 15 menit sebelum jam belajar dimulai,” ucapnya.

Heri mengatakan, penerapan program 3S ini dilakukan setiap hari menjelang jam belajar. Menurut Heri, program ini diharapkan dapat membuat siswa selalu menghormati guru dan teman-temannya.

“Kami yakin, jika semua program yang kami terapkan ini berhasil, bukan tidak mungkin seluruh siswa di sini akan memiliki karakter yang kuat,” katanya. (rnd)

BAGIKAN