Sedang Angin Selatan, Nelayan Diminta Waspada Melaut

762
Foto Ilustrasi

KALIANDA – Para masyarakat nelayan yang ada diwilayah Kabupaten Lampung Selatan diminta untuk terus meningkatkan kewaspadaannya. Pasalnya, kondisi cuaca dalam beberapa hari terakhir tergolong ekstrim yang berpotensi akan mendatangkan ombak tinggi yang dapat membahayakan nelayan.
Hal tersebut ditegaskan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) DR. Meizar Malanesia, usai mengikuti kunjungan kerja (kunker) bersama Pj. Bupati Lamsel H. Kherlani, SE, MM, kemarin.
Kondisi angin kencang yang berpotensi menimbulkan gelombang tinggi, kata Meizar, sangat berbahaya bagi nelayan. Sebab, dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan laut.
“Terlebih, saat ini sedang angin Selatan. Pastinya, para nelayan lebih memahami kondisi di laut. Tetapi, kami tidak bosan memperingatinya untuk meningkatkan kewaspadaan,”ungkap Meizar.
Menurutnya, kondisi cuaca diperparah dengan masuknya musim penghujan. Tentu saja, hal ini bisa mengakibatkan jarak pandang nelayan di laut terganggu.
“Yang jelas, pengalaman nelayan yang lebih diutamakan dalam menghadapi musim sekarang ini. Tetapi juga jangan lupa terus waspada. Mengingat, cuaca yang dapat berubah sewaktu-waktu saat berada di perairan,”imbuhnya.
Pihaknya tidak memungkiri masih terdapat sejumlah nelayan yang nekat melaut pada kondisi cuaca ekstrim. Mereka beralasan kondisi seperti ini masih cukup aman.
“Untuk mengantisipasi terjadinya ombak tinggi, nelayan biasanya berlindung ke pulau kecil terdekat. Mereka masih melaut karena memang untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Karena, memang saat ini kondisi sedang banyak ikan di laut,”pungkasnya. (idh)

BACA :  Pantai Ketang Bakal Dikenai Parkir
BAGIKAN