Sediakan Pelayanan Kesehatan Gratis Dilokasi Banjir

127
Kemas Yogi – Plt. Camat Tanjung Bintang Hendry Hatta saat meninjau langsung pelayanan kesehan di lokasi terdampak banjir Desa Sukanegara, Senin (11/3).

TANJUNG BINTANG – Mengantisipasi adanya sebaran penyakit akibat banjir di Desa Sukanegara, Pemerintah Kecamatan Tanjung Bintang langsung menggelar pelayanan kesehatan gratis di desa tersebut. 

Banjir yang terjadi di Desa Sukanagera memang tidak menelan korban ataupun mengakibatkan rumah-rumah rusak, namun Plt. Camat Tanjung Bintang Hendry Hatta mengkhawatirkan adanya dampak penyakit yang dirasakan oleh warga. “Banjir yang sebetulnya terjadi Sabtu (9/3) malam itu memang sempat merendam 40 rumah, alhamdulillah tidak ada yang rusak ataupun memakan korban sebab tinggi air hanya 40 cm,” tuturnya.

BACA :  STBM Bantu Dirikan 2.776 Unit Jamban

Bersama UPT Puskesmas Tanjung Bintang, Hendry mengaku sudah mengidentifikasi semua warga yang terdampak banjir. “Kami minta Puskesmas untuk melakukan pelayanan gratis agar bisa langsung mengetahui penyakit apa yang diderita oleh warga,” ucapnya.

Pria yang juga Kasi Pemerintahan Kecamatan tersebut berharap warga yang terdampak banjir juga bisa terus waspada dan memperhatikan kebersihan lingkungan. “Karena habis banjir biasanya penyakit mudah menyebar, jadi cepat-cepat untuk pembersihan. Kemudian lingkungan yang kotor juga diperhatikan,” imbuhnya. 

BACA :  Bulan Ini, Desa Trimulyo Targetkan Lunas PBB

Sementara, Kepala UPT Puskesmas Tanjung Bintang Dermawan mengatakan, pemeriksaan kesehatan gratis tersebut seperti dengan pelayanan di Puskesmas. “Sama dengan Puskesmas, alat-alatnya juga siapkan agar maksimal melayani,” tegasnya.

Disisi lain, warga Desa Sukanegara Selamet (39) berharap adanya solusi dalam mengatasi banjir tersebut. Sebab menurutnya, dampak banjir karena luapan sungai kecil didekat desanya. “Ada sungai yang meluap dekat sini, saya tidak paham nama sungainya. Tetapi itulah salah satu penyebab banjir,” pungkasnya. (kms)

BAGIKAN