Sekolah Besar Jadi Favorit, MKKS: Ada Seleksi Untuk Siswa

176
Ketua MKKS SMA Drs. Sumarno

KALIANDA – Waktu pendaftaran siswa SMA di Lampung Selatan tahun ajaran 2019/2020 akan mulai dibuka pada 17-19 Juni. Artinya, pendaftaran akan dibuka dalam kurun waktu sepekan mendatang. Meski waktunya sebentar lagi, besar kemungkinan pihak sekolah tidak mematok target siswa terkait jumlah siswa yang mendaftar.

          Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Drs. Sumarno mengamininya. Sumarno mengatakan, bahwa pihak SMA memang tidak memiliki target dalam penerimaan siswa. Sumarno, yang juga menjabat sebagai kepala sekolah di salah satu SMAN 1 Kecamatan Natar ini bersikap realistis.

BACA :  Siap-siap Pejabat Disparbud Bakal Dirombak

Menurut dia, jumlah siswa yang dapat mengisi rombongan belajar (rombel) di tiap sekolah lebih penting ketimbang melihat jumlah pendaftar. Sumarno berharap tahun ajaran 2019/2020 tiap sekolah di Lampung Selatan bisa dipenuhi banyak murid.

Enggak ada target. Mudah-mudahan saja kapasitas yang ada di masing-masing sekolah dapat terisi dan tidak ada sekolah yang sampai tidak dapat murid,” katanya saat dihubungi Radar Lamsel, Selasa (11/6) kemarin.

Mengenai jumlah rata-rata rombel di tiap sekolah, Sumarno mengatakan, jumlahnya berbeda-beda. Di Lampung Selatan, paling sedikit ada sekolah yang hanya memiliki 2 rombel. Sedangkan paling banyak berisi 12 rombel. Umumnya, lanjut dia, sekolah yang tidak terisi penuh itu malah memiliki rombel sedikit dengan kapasitas kecil sampai menengah.

BACA :  Dispora dan BLISPI Gelar Liga Sepak Bola U.14

“Contohnya SMA dengan total di bawah 500 siswa. Kalau sekolah-sekolah besar malah umumnya sampai memiliki jumlah pendaftar yang melebihi kapasitas,” katanya.

Lebih jauh, Sumarno mengatakan untuk mengantisipasi kelebihan kapasitas siswa tersebut, pihak sekolah perlu mengadakan seleksi dan kriteria terhadap calon siswa yang akan diterima. “Sehingga perlu diadakan seleksi, calon siswa seperti apa yang diterima. Seperti itu,” katanya. (rnd)

BAGIKAN