Seluruh Kades Sepakat Usulkan Peternakan dan Infrastruktur

109
Plt. Bupati Lamsel Nanang Ermanto saat memberikan sambutan pada Musrenbangcam Tanjungbintang, Rabu (13/2).

Musrenbangcam Tanjung Bintang Tahun 2020

TANJUNG BINTANG – Pemkab Lampung Selatan yang dipimpin langsung Plt. Bupati Lamsel Nanang Ermanto secara bergilir membuka musyawarah rencana pembangunan tingkat kecamatan (Musrenbangcam).

Rabu (13/2) kemarin, giliran Kecamatan Tanjungbintang yang menggelar Musrenbangcam. Musrenbangcam tersebut diikuti seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) dilingkungan Pemkab Lamsel.

Musrenbang di Kecamatan Tanjungbintang kemarin, seluruh kepala desa (Kades) yakni 16 Kades sepakat mengajukan usulan di bidang ekonomi berupa bibit kambing dan bibit sapi. Hal itu diketahui setelah selesai Musrenbangcam digelar. 

Plt. Camat Tanjung Bintang Hendri Hata, S.Ag mengatakan, seluruh kades merasa perlu adanya penguatan dibidang peternakan kambing dan sapi pada 2020 mendatang. “Para kades mungkin melihat potensi di desanya adalah peternakan kambing dan sapi. Saya kira itu hal yang wajar,” kata Hendri.

Ia menyampaikan, Kecamatan Tanjung Bintang yang terdiri dari 16 desa dengan luas wilayah 127,57 KM dan jumlah penduduk 80.840 jiwa merupakan Kawasan Industri Kabupaten Lampung Selatan yang berbatasan langsung dengan Kota Bandar Lampung. “Meskipun kawasan industri, tetap sangat berpotensi untuk peternakan. Sebab sudah ada yang siap menerima kambing dengan jumlah besar,” tuturnya. 

BACA :  Camat Ingatkan Kebersihan dan Kondusifitas Desa

Pria yang juga Kasi Pemerintahan Kecamatan Tanjung Bintang itu menjelaskan, meski peternakan diusulkan namun prioritas pembangunan tetap menitikberatkan pada bidang infrastruktur dengan prioritas pembangunan jalan. “Tentu pembangunan jalan masih prioritas utama,” terangnya.

Hendri menambahkan, bidang sosial juga tidak luput jadi perhatian para kades untuk hal perlindungan anak. Para kades juga telah sepakat mengajukan pembangunan SDM melalui sosialisasi dengan tujuan agar anak dapat berkembang dengan sehat baik jasmani dan rohaninya. “Seluruh kades mengajukan pembinaan untuk para karang taruna desa agar para muda-mudi di desa mendapatkan pelatihan keterampilan,” ucapnya.

Kades Sindang Sari Sugeng Widodo mengharapkan apa yang sudah diusulkan dalam Musrenbangcam dapat terealisasi, “Kami para Kades tentu saja mengharapkan semua usulan kami dapat terealisasi sepenuhnya,” ucapnya yang diamini oleh seluruh kades.

BACA :  Keruk Keuntungan Tapi Minim Kontribusi!

Musrenbangcam yang dibuka oleh Plt. Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto berjalan dengan baik. Dengan menggunakan sistem e-planning Musrenbangcam pada tahun 2019 ini adalah yang pertama menggunakan sistem yang berbasis elektronik di Provinsi Lampung. Dimana sistem e-planning yang berbasis elektronik merupakan sistem menggunakan skala prioritas.

Plt. Bupati Lamsel Nanang Ermanto mengatakan, musrenbangcam dengan sistem e-planning yang berbasis elektronik merupakan hal baru di Provinsi Lampung dan yang diterapkan adalah salah satu program KPK.

“Dalam pelaksanaan pembangunan nanti hendaknya benar-benar dilaksanakan sesuai dengan mekanisme dan aturan sehingga apa yang telah direncanakan dalam musrenbangcam sesuai dengan keinginan masyarakat dan para kades terhindar dari jerat hukum,” tegas Nanang. (Adv)

BAGIKAN