Sidosari Gandeng FP Unila Dongkrak Pertanian

14
Foto Ilustrasi

NATAR – Petani di Desa Sidosari Kecamatan Natar bakal diperkaya kelimuan taninya. Hal itu menyusul jalinan kerjasama dibidang pertanian antara desa dengan Fakultas Pertanian Universitas Lampung (Unila).

Informasinya, Desa Sidosari menjadi desa pertama se-Provinsi Lampung yang menjalin kerjasama dengan Fakultas Pertanian Universitas Lampung (Unila) tersebut. Tak sampai disitu, mahasiswa terbaik dari fakultas pertanian universitas kenamaan di Lampung itu bakal sering menyambangi Sidosari.

Kepala Desa Sidosari Fadli Irawan mengatakan, kerjasama yang dijalin tentu sangat menguntungkan bagi pihaknya terkhusus para petani di desa mayoritas buruh tersebut. “Tentu sangat menguntungkan bagi petani di desa kami, apalagi ilmu yang diberikan sangat banyak,” kata dia kepada Radar Lamsel, Jumat (11/10).

BACA :  Musrenbangdes Jadi Panggung Luapan Kekecewaan

Menurutnya, selain melatih petani bercocok tanam dengan ilmu. Unila juga memberikan ilmu tentang pembuatan pupuk kompos kepada para petani. “Ya banyak yang diberikan kepada petani, tetapi lebih kepada keilmuannya,” tuturnya.

Selain itu sambung dia, mahasiswa-mahasiswa terbaik Unila di Fakultas Pertanian juga akan diterjunkan ke desanya untuk meningkatkan hasil panen dibidang pertanian. “Nanti akan banyak mahasiswa dari fakultas pertanian yang turun ke desa kami,” ucap dia.

BACA :  260 Kader PKK Ikuti Bimtek Administrasi

Dijelaskannya, program pengabdian masyarakat yang ada di Unila itu memang belum menyentuh desa lain di Provinsi Lampung selain desanya. “Iya alhamdulillah desa kami menjadi yang pertama, semoga warga bisa mendapatkan manfaat yang banyak dari program ini,” pungkasnya. (Kms)

BAGIKAN