Siswa SMK dan SMA Lulus 100 Persen

244
Ist. – Puluhan anak-anak yang merayakan kelulusan diberi hukuman oleh pihak kepolisian karena mengganggu aktivitas warga di Dermaga Bom Kalianda, Senin (13/5) kemarin.

KALIANDA – Ribuan siswa SMA dan SMK di Kabupaten Lampung Selatan dinyatakan lulus 100 persen. Demikian yang dikatakan oleh Ketua MKKS SMA Lampung Selatan, Sumarno, S.Pd saat dihubungi Radar Lamsel, Senin (13/5) kemarin.

          Sumarno mengatakan, kelulusan siswa SMA tahun ini ditentukan dari kelas 10. Kemudian diputuskan dalam rapat dewan pendidik. Sedangkan untuk Ujian Sekolah Bersatndar Nasional (USBN), yang menentukannya adalah satuan berdasarkan KKM atau Kriteria Ketuntasan Minimal masing-masing sekolah.

Alhamdulillah,seluruh siswa SMA tahun ini lulus 100 persen. Beberapa hal lain yang bisa mengurangi target kelulusan ternyata tidak memengaruhi, karena siswa yang meninggal dan mengundurkan diri belum terdaftar,” kata.

BACA :  Bagi Takjil Tanda Dioperasikannya Jembatan Patriot

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) bagi siswa kelas 12 sekolah menengah atas (SMA) digelar serentak pada Senin 1 April lalu. Di Lampung Selatan, peserta UNBK sebanyak 5.001 siswa, terdiri dari 2.154 jurusan IPA (ilmu pengetahuan alam) dan 2.847 jurusan IPS (ilmu pengetahuan sosial) dari 55 SMA negeri dan swasta.

          Di sisi lain, Ketua MKKS SMK Lamsel, Drs. Harminto, M.Si juga mengamini bahwa jumlah kelulusan siswa SMK di Lampung Selatan mencapai angka 100 persen. Di Lampung Selatan, ada 5.500 siswa 50 SMK yang ikut serta dalam UNBK tahun ini. Rinciannya 11 SMK negeri, 39 SMK swasta.

BACA :  Disdukcapil Buka Pelayanan Sampai H-1 Lebaran

SMK yang melaksanakan UNBK pada tahun ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Dari 49 SMK, 1 diantaranya belum memiliki fasilitas untuk melaksanakan ujian berbasis daring tersebut. Menurut Harminto, dalam pengumuman kali ini, pihaknya sengaja mengumumkan kelulusan lewat jalur daring atau online dari web sekolah.

“Untuk menghindari perayaan yang mengarah ke vandalisme. Konvoi dan corat-coret. Kita juga sudah koordinasi dengan pihak kepolisian,d an pantau kami kemarin masih aman,” katanya.

Pantauan Radar Lamsel, Senin kemarin, ada puluhan siswa yang berpakaian putih abu-abu tengah merayakan kelulusan. Keberadaan mereka juga terlihat menghiasi sejumlah jalan protokol di Kalianda, dan tempat wisata. (rnd)

BAGIKAN