Siswa SMPN 1 Kalianda Ikuti Pesantren Kilat Ramadhan

323

KALIANDA – Bulan Ramadhan menjadi ajang untuk para siswa mengkaji lebih dalam tentang keislaman. Di SMPN 1 Kalianda ratusan siswa mengikuti pesantren kilat yang berlangsung selama 3 (tiga) yang dimulai dari Minggu hingga Selasa (3-5/6) kemarin.            Kepala SMPN 1 Kalianda Sakwan, M. Pd mengatakan, acara pesantren kilat ramadhan ini diselenggarakan selama tiga hari yang dimulai dari Minggu hingga Selasa. “Selama mengikuti kegiatan pesantren kilat siswa-siswi diberikan pelajaran tentang dunia Islam,” ujar Sakwan kepada Radar Lamsel, kemarin.

Dijelaskannya, materi pelajaran yang disampaikan meliputi ilmu fiqih, ilmu tauhid dan praktek sholat. Ketiga materi itu diberikan kepada siswa agar pemahaman mereka mengenai islam bisa lebih mendalam lagi. “Selama ini para siswa hanya diajarkan pendidikan agama seminggu sekali, dengan adanya pesantren kilat ramadhan ini para siswa diharapkan akan bisa lebih paham lagi,” jelasnya.

Selain memberikan ketiga materi tersebut, lanjutnya, pihaknya juga mewajibkan siswa laki-laki untuk ber-itikaf dengan bermalam di mushola sekolah. “Untuk acara itikaf ini kami khususkan untuk siswa yang laki-laki. Mereka menginap satu malam di mushola sekolah sambil belajar ilmu agama dan praktek sholat,” ungkapnya.

Dikatakannya, kegiatan pesantren kilat ini rutin dilaksanakan setahun sekali tepatnya dibulan suci ramadhan. “Untuk kajian keislaman moment-moment ramadhan tentunya tepat jika diniatkan sebagai ibadah,” katanya.

Karena, untuk usia para siswa SMP yang masih anak-anak perlu dibekali pemahaman lebih dalam tentang keislaman. Hal itu lebih baik ketimbang para siswa melakukan hal-hal yang cenderung negatif. “Usia SMP merupakan usia yang masih labil, jika tidak diarahkan kepada hal kebaikan dikhawatirkan mereka akan merugi dikemudian hari dengan melakukan hal-hal negatif dan dilarang agama,” pungkasnya. (iwn)

BAGIKAN