SMK se-Lamsel 100 Persen Jalani UNBK 2020

18
Ilustrasi UNBK

KALIANDA – Seluruh SMK (sekolah menengah kejuruan) di Kabupaten Lampung dipastikan mengikuti UNBK (ujian nasional berbasis komputer) pada tahun 2020 mendatang. Ketua MKKS SMK Lampung Selatan, Drs. Harminto, M.Si mengatakan UNBK tahun ini dilakukan full karena sudah banyak SMK yang memiliki sarana dan prasarana memadai.

Insyaallah tahun ini SMK melaksanakan UNBK semua,” kata Harmino saat dihubungi Radar Lamsel, Sabtu (8/12/2019).

Meski full UNBK, namun masih ada SMK yang belum bisa melaksanakan ujian secara mandiri karena terkendala sarana dan prasarana. UNBK sendiri membutuhkan kesiapan matang karena sistemnya dijalankan secara daring. Oleh sebab itu, SMK yang ingin UNBK secara mandiri harus menyiapkan komputer dan layanan internet.

BACA :  Lahan Parkir RSUD Bob Bazar Overload

 “Sepertinya tahun ini masih ada beberapa yang gabung dengan sekolah lain. Ya, ada beberapa kendala. Tapi saya belum rekap datanya,” katanya.

Pada tahun lalu, sebanyak 16.000 siswa dari 54 sekolah menengah kejuruan (SMK) negeri dan swasta di Kabupaten Lampung Selatan akan mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK) pada Maret 2018. Untuk menghadapi tes kelulusan tersebut, sejumlah SMK menggelar simulasi UNBK di sekolah masing-masing.

Simulasi ujian ini biasanya dilaksanakan sesuai dengan kondisi UNBK yang sesungguhnya. Siswa yang mengikuti simulasi ini akan diberi tantangan menjawab puluhan soal dari mata pelajaran matematika, bahasa Inggris, dan bahasa Indonesia.

BACA :  Tanggal Ditentukan, Jam Dirapatkan

Simulasi tersebut juga bertujuan untuk membekali kesiapan siswa untuk menghadapi UNBK, baik secara psikis dan mental. Menurutnya, ujian simulasi ini sangat penting bagi siswa karena bisa membantu mereka merasakan UNBK yang sesungguhnya.

Di sisi lain, pihak sekolah juga harus prepair dengan mempersiapkan sarana dan prasarana seperti peralatan, ram, jaringan internet dan listrik. Ini dilakukan supaya pelaksanaan ujian berjalan lancar tanpa kendala apa pun. (rnd)

BAGIKAN