SMPN 1 Ketapang “Diserbu” Pendaftar Siswa Baru

633

Tampung 192 Siswa Baru

KETAPANG – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SD, SMP, SMA sederajat tahun pelajaran 2018/2019 di Kabupaten Lampung Selatan serentak dibuka sejak 4-6 Juni, kemarin.

Seperti SMP Negeri 1 Ketapang. Sekolah yang menjadi kebanggaan masyarakat Kecamatan Ketapang ini, pada hari pertama pembukaan pendaftaran dipenuhi calon siswa baru bersama wali murid yang ingin mendaftarkan anaknya.

Kepala SMP Negeri 1 Ketapang Wayan Sude, S.Pd mengatakan, penerimaan siswa baru tahun ini tidak jauh berbeda dengan tahun lalu, yakni jumlah siswa sebanyak 192 orang yang terbagi dalam enam kelas.

Lebih lanjut Wayan Sude mengatakan, pelaksanaan PPDB tahun pelajaran 2018/2019 mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) nomor 14 tahun 2018 dan berpedoman pada pelaksanaan PPDB Provinsi Lampung.

Menurutnya, pembukaan pendaftaran siswa baru dimulai 4-6 Juni secara serentak seluruh sekolah SD, SMP dan SMA sederajat. Kemudian, katanya, pengumuman tes seleksi pada 8 Juni dan daftar ulang pada 2-5 Juli.

“Penerimaan PPDB tahun pelajaran 2018/2019 ini mengacu pada Permendikbud nomo 14 tahun 2018 dan berpedoman pada pelaksanaan PPDB Provinsi Lampung. Berdasarkan pedoman itu, teknis seleksi diprioritaskan zona atau jarak tempat tinggal calon siswa baru dengan sekolah dan usia maksimal 15 tahun, serta hasil nilai ujian SD sederajat,” papar Wayan Sude saat ditemui Radar Lamsel di SMP Negeri 1 Ketapang, kemarin.

Wayan menambahkan, pada penerimaan siswa baru tahun ini menggunakan tiga jalur, yakni jalur prestasi akademik dan non akademik, jalur zona dan jalur tes. “Jalur prestasi, calon pendaftar bisa melampirkan prestasi yang pernah diraih seperti rangking disekolah dan prestasi non akademik seperti dibidang olahraga berupa piagam. Untuk penerimaan calon siswa baru diluar zona hanya mampu ditampung sekitar 10 persen dari total jumlah siswa baru yang ditampung,” ujarnya. (man)

BAGIKAN