Sukamandi Gelar Pilkaling, Alamsyah Terpilih jadi Kaling

401

KALIANDA – Pemilihan Kepala Lingkungan (Pilkaling) IV Sukamandi, Kelurahan Bumiagung, Kecamatan Kalianda, berlangsung demokratis.

Masyarakat Sukamandi nampak antusias menggunakan hak pilihnya pada pilkaling yang digelar tiga tahun sekali tersebut. Ajang itu diikuti tiga calon Kaling. Yaitu nomor urut 1 Joniansyah, nomor urut 2 Alamsyah dan nomor urut 3 Sutiono.

Layaknya pemilihan umum, Pilkaling itu juga dilakukan secara mencoblos. Ada panitia pemungutan suaranya, bilik suara, kotak suara, alat pencoblos, hingga tinta yang digunakan sebagai tanda pemilih sudah mencoblos. Waktu pemungutan suara Pilkaling pun sama, yaitu ditutup pukul 13.00 WIB.

Hasilnya, Alamsyah terpilih sebagai Kaling Sukamandi tiga tahun kedepan. Ketua RT ini mendapatkan perolehan suara sebanyak 188. Selanjutnya disusul Istiono sebanyak 122 suara dan Joniansyah sebanyak 91 suara. Sementara suara tidak sah sebanyak 5.

BACA :  Syarat TOELF CPNS Khusus 9 Instansi Kementerian

Ketua Pemungutan Suara Pilkaling Sukamandi Syaifulloh mengungkapkan jumlah pemilih pada Pilkaling Sukamandi sebanyak 427 pemilih. Sementara yang menggunakan hak pilihnya sebanyak 406 pemilih. “Iya, partisipasi pada Pilkaling ini sangat tinggi,” kata Syaifulloh kepada Radar Lamsel, Minggu (5/8/2018) kemarin.

Pantauan Radar Lamsel, sejumlah tokoh masyarakat Lingkungan Sukamandi ikut memeriahkan Pilkaling tersebut. Beberapa diantaranya TB. Haliludin, Muhammad AB yang merupakan mantan Kaling, serta Ust. Nurhasan. Kegiatan itu juga mendapat peninjauan dari Lurah Bumiagung Furqon.

BACA :  AD Sport Lampung Jamu Batang Anai FC di Stadion Jati

Kepada Radar Lamsel, Furqon menjelaskan bahwa pelaksanaan Pilkaling tersebut merujuk Perbup. Di wilayah Kelurahan Bumiagung sebanyak dua lingkungan telah menggelar Pilkaling. “Pelaksanaan Pilkaling ini sebenarnya diserahkan kepada masyarakat. Di Perbup sudah diatur mengenai ini,” ungkap dia.

Furqon mengapresiasi masyarakat Lingkungan Sukamandi yang sukses menggelar Pilkaling dengan lancar, damai, dan demokratis. Ia berpesan kepada Kaling terpilih untuk bisa mengayomi masyarakatnya.

“Inikan (Pilkaling) hanya medianya saja. Tujuan utamanya adalah melayani dan mengayomi masyarakat,” pungkas Furqon. (edw)

BAGIKAN