Sukseskan Pemilu 2019, Disdukcapil Kebut Pencetakan KTP Elektronik

178
Foto Ilustrasi Berita KTP
GEDONGTATAAN – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pesawaran menargetkan 17.000 pencetakan KTP Elektronik yang print ready record (PRR) atau siap cetak, rampung akhir Februari ini.
 
Kepala Disdukcapil Pesawaran Ketut Partayasa mengatakan, hal itu dimaksudkan untuk mendukung jalannya pelaksanaan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 17 April mendatang.
 
“Sesuai arahan pak bupati dan Dirjen Dukcapil Pak  Zudan Fakrullah, bahwa untuk mendukung jalannya pilpres dan pileg, kita akan selesaikan target tersebut akhir Februari ini,” ungkap Ketut Partayasa pada Minggu (24/2).
 
Dikatakan, untuk mencapai target pencetakan KTP Elektronik tersebut pihaknya memberlakukan jam lembur kepada 10 tenaga teknis dengan sistem sift. Dimana Dirjen dukcapil Kemendagri RI memgalokasikan sebanyak 18.000 keping KTP El, dan jumlah tersebut lebih dari cukup untuk mencetak KTP El yang sudah siap cetak.
 
“Ada kompensasi yang kami berikan kepada tenaga teknis tersebut. Dan ini (Target cetak PRR) seluruh Indonesia, sebagai bentuk dukungan untuk menyukseskan pemilu 2019 khususnya di Kabupaten Pesawaran. Karena kepemilikan KTP El digunakan sebagai dasar masyarakat untuk memberikan hak suaranya di TPS,” ucapnya.
 
Dijelaskan, bantuan 18.000 keping KTP elektronik tersebut di drop Dirjen dukcapil pada Jumat (22/2) lalu. Dan terhitung sejak Sabtu (23/2) hingga akhir Februari ini pencetakan 17 ribu keping KTP elektronik ditarget sudah tercapai. Dimana selain ketersedian blanko, sebanyak 6 unit printer juga disediakan untuk mempercepat proses pencetakan tersebut.
 
“Kita sudah memiliki 6 unit printer, dan dengan jumlah tersebut insya Allah mampu mencetak KTP Elektronik sebanyak 3000 keping per harinya,” ujarnya.
 
Lebih jauh mantan Sekretaris Dinas Kesehatan ini menambahkan selain 10 tenaga teknis, proses percepatan pencetakan KTP Elektronik tersebut juga didampingi beberapa  bidang diantaranya Bidang Kependudukan Erdiana; Bidang  pelaksanaan Bunyamin;  serta Bidang Catatan Sipil Neni.
 
“Saya  langsung yang mengawasi jalannya proses pencetakan ini. Namun, tetap tidak mengganggu pelayanan reguler setiap harinya hingga pencetakan KTP El bagi masyarakat Pesawaran bisa terselesaikan,” pungkasnya. (Esn)
BACA :  Polisi Resmi Menahan 17 Panitia Diksar
BAGIKAN