Sumberagung Fokus Bangun Infrastruktur Jalan

296
Kepala Desa Sumber Agung, Rasmadi dan Ibu Pujiastuti.

SRAGI – Pemerintah Desa Sumber Agung, Kecamatan Sragi terus menggenjot pembangunan desa. Guna memperlancar mobilisasi masyarakat, Pemerintah Desa Sumberagung fokus membangun jalan rabat beton.

Dibawah kepemimpinan Rasmadi sebagai Kepala Desa Sumberagung pembangunan infrastruktur jalan menjadi sangat penting guna menunjang mobilisasi perekonominan masyarakat demi perkembangan dan kemajuan desa yang dipimpinya.

Rasmadi mengatakan, pada tahun 2018 total pendapatan Desa Sumberagung sebesar Rp 1,3 milyar dengan rincian, DD sebesar Rp 949, 5 juta, Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar Rp 412, 8 juta dan Silpa sebesar Rp 16,5 juta.

“Sementara untuk bidang pembangunan, kami fokus membangun infrastruktur jalan rabat beton di Dusun Sidomuncul,” kata Rasmadi kepada Radar Lamsel, Minggu (25/11).

Rasmadi menjelaskan, pada bidang pembangunan pihaknya memfokuskan pembangunan jalan rabat beton di Dusun Sidomuncul yang tercatat memiliki panjang 1.042 meter.

Pembangunan jalan tersebut tentu memakan anggaran yang cukup besar. Maka, lanjut Rasmadi, realisasinya pun dilakukan secara bertahap. Pada anggaran DD tahap peratama pihaknya melakukan pembangunan empat unit gorong-gorong dan talud sepanjang Rp 160 juta sebagai sarana penunjang jalan.

Kemudian pada DD tahap ketiga dilanjutkan dengan realisasi pengecoran jalan rabat beton sepanjang 1.042 meter dan lebar 2.5 meter dengan anggran Rp 495 juta. “Karena anggaran yang digunakan cukup bersar dengan anggaran sekitar Rp 545 juta, maka realisasinya kami laksanakan secara bertahap,” ujar Rasmadi.

BACA :  Keberatan Warga Dikenai Pungutan Janggolan

Rasmadi mengungkapkan, Dusun Sidomuncul merupakan wilayah yang digadang bakal menjadi perluasan pemukiman masyarakat. Disisi lain, lanjutnya, didusun itu juga menjadi salah pusat lahan pertanian.      “Selain sebagai wilayah lahan pertanian masyarakat, kedepannya Dusun Sidomuncul bakal menjadi pengembangan wilayah pemukiman masyarakat. Dengan adanya jalan rabat beton ini diharapkan dapat memperlancar mobilisasi masyarakat,” tuturnya.

Tidak hanya itu, Suami dari Pujiastuti ini mengatakan, dibidang pembangunan pada anggaran DD tahap pertama pihaknya telah merealisasikan pembangunan Warung Desa (Wardes). “Pada kucuran DD tahap pertama kami menganggarkan dana sebesar Rp 125 juta untuk membangun Wardes,” imbuhnya.

Wardes yang direcanakan akan mulai beroperasi pada akhir tahun ini akan menyediakan kebutuhan rumahtangga masyarakat dan juga bakal menjadi tempat penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). “Wardes ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Kami juga telah menganggarkan penyertaan modal untuk wardes sebesar Rp 95,7 juta,” ucapnya.

Sementara untuk pelaksaan pembangunan, dilakasanakan dengan sistem padat karya tunai (PKT). Itu dilakukan untuk menyerap tenaga kerja yang ada di desa. “Sesuai dengan instruksi Kementerian Desa pelaksanaanya pun  kami lakukan dengan sistem PKT dengan menyerap tenaga kerja yang ada di desa,”katanya. (vid)

 

Tingkatkan Sarana Olahraga

 

SRAGI – Pembangunan dibidang olahraga sudah menjadi komitmen Pemerintah Desa Sumberagung, Kecamatan Sragi. Pembangunan bidang olahraga menjadi salah satu program inovasi desa.

BACA :  Intens Patroli dan Penyuluhan Cegah Kebakaran

Sebagai bentuk komitmen, nergulirnya Dana Desa (DD) tahap ketiga ini oleh Pemerintah Desa Sumberagung dialokasikan untuk membangun sarana olahgara sebagai upaya meningkatkan kegiatan berolahraga masyarakat desa.

“Dalam program inovasi Desa, Sumberagung berkomitmen untuk membangun sarana olahraga (Sorga) masyarakat sebagai upaya untuk meningkatkan kegiatan berolahraga masyarakat,” kata Kepala Desa Sumberagung Rasmadi kepada Radar Lamsel, Minggu (25/11).

Meski baru menyatakan komitmen membangun sarana olahraga satu bulan lalu, namun Rasmadi mengungkapkan pada  DD tahap ketiga pihaknya telah  menganggarkan dana sebesar Rp 29,6 juta untuk meningkatkan sarana lapangan sepak bola didesanya. “Langkah awal kami dalam program inovasi desa ini, pada tahap ketiga ini kami menganggarkan sebesar Rp 29,6 juta untuk membangun tribun penonton untuk meningkatkan sarana lapangan sepak bola Desa Sumberagung,” ucapnya.

Lebih lanjut, Rasmadi menjelaskan, kedepanya dilokasi yang sama bakal menjadi pusat sarana olahraga. Pihaknya juga  berencana akan menyediakan sarana olahraga lain, seperti lapangan voli, arena futsal dan arena berlari.

Rasmadi berharap selain untuk meningkatkan kegiatan berolahraga masyarakat, dengan adannya sarana olahraga dapat melahirkan atlet – atlet baru. “Disisi lain sarana oloharaga ini juga dapat menjadi tempat pusat keramaian. Lebih dari itu dapat menciptakan atlet-atlet olahraga yang baru,” tutupnya. (vid)

BAGIKAN