Susun APBDes Berjama’ah, DD Dicairkan!

455

SIDOMULYO – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Lamsel Dulkahar menegaskan Dana Desa sudah berada di Kas Daerah (Kasda). Untuk itu ia menginstruksikan desa segera menyusun Anggaran Pembangunan dan Belanja Desa (APBDes) secepatnya.

Itu disampaikan Dulkahar pada asistensi APBDes kepada aparatur desa dilima kecamatan yakni, Kecamatan Sidomulyo, Katibung, Candipuro, Way Sulan, dan Way Panji, di Gedung Serbaguna Betik Hati (28/2) kemarin.

“Memang benar bahwa ada peraturan yang mengatur setalah DD masuk ke Kasda maka untuk segera dicairkan. Namun desa juga harus mengetahui dan memenuhi setiap persyaratan yang meliputi administrasi de. Itu untuk menghindari kesalahan dan kekeliruan,” katanya kepada Radar Lamsel.

Ia menerangkan, dari 256 desa belum ada yang dicairkan. Pasalnya DPMD tak mungkin melayani per desa. Sehingga bagi setiap desa yang sudah siap maka diinstruksikan untuk segera menyusun segala persyaratan secara bersamaan.

BACA :  Siskeudes tak Tuntas, DD Terhambat!

“Nggak bisa juga satu-satu, dan nggak bisa juga harus nunggu 256 desa mengumpulkan persyaratan. Misalnya ada 17 des dari 17 kecamatan, nah kami akan langsung memprosesnya jangan saling tunggu,” ujarnya.

Mantan Camat Natar ini melanjutkan, asistensi penyusunan APBDes dilakukan untuk meminimalisir kekeliruan pada saat penyusunan. Maka kata dia, pihaknya mendatangi kecamatan-kecamatan untuk melakukan asistensi.

“Kemarin kami asistensi untuk 4 kecamatan yang dipusatkan di Kecamatan Palas, kemudian 5 kecamatan dipusatkan di Kecamatan Sidomulyo,” ungkapnya.

BACA :  PKK Lamsel Gali Ilmu di Paud Alam Pelopor Bandung

Masih kata Dulkahar, DPMD tak akan mencairkan DD sebesar 20 persen atau sekitar Rp 45 miliar untuk desa yang belum memenuhi kewajiban persyaratan. “Kami tak mau menyalurkan DD apabila desa belum memenuhi kewajibannya, penuhi dulu semua persyaratan,” katanya lagi.

Lebih lanjut dikatakan Dulkahar, dari enam desa yang belakangan terancam tidak dapat mencairkan DD saat ini sudah desa tersebut sudah mulai berbenah. Meski masih tetap ada beberapa yang belum bergerak cepat. “Pelan-pelan sudah dipenuhi, di Palas misalnya mereka sudah menyusun semua persyaratan,” tandasnya. (ver)

BAGIKAN