Syahroni Fokus Tingkatkan Infrastruktur Jalan

0

BAKAUHENI – Menyelenggarakan pemerintahan desa yang  efektif, efesien dan bersih dengan mengutamakan kebutuhan masyarakat adalah visi misi yang dipegang oleh Kepala Desa Bakauheni, Kecamatan Bakauheni Syahroni.

Selama menjabat sebagai pemimpin di Desa Bakauheni, perlahan Syahroni mulai melakukan sejumlah perubahan dari segi pembangunan. Itu setelah adanya kucuran Dana Desa (DD) yang di gelontorkan oleh pemerintah pusat.

Foto 2

Seperti tahun 2016, kucuran dana desa tahun 2017 ini masih di manfaatkan Pemerintah Desa Bakauheni untuk meningkatkan sektor pemerintahan dan pembangunan desa. Salah satunya dengan membangun infrastruktur jalan yang dilakukan di tiga dusun, yaitu Dusun Muarabakau, Muarapilu dan Kenyayan Bawah.

Masing-masing dusun itu mendapatkan jatah pembangunan jalan rabat beton sepanjang 300 meter dengan ketebalan 15 centimeter. Menurut Syahroni, pihaknya membangun jalan rabat beton yang memang dibutuhkan oleh masyarakat setempat. “Kami masih fokus melakukan pembangunan jalan rabat beton yang sesuai dengan anjuran bapak bupati (Zainudin Hasan),” kata Syahroni.

Syahroni melanjutkan, pembangunan jalan cor beton tersebut juga sesuai dengan arahan Bupati Lamsel Dr. H. Zainudin Hasan, M.Hum, yaitu dengan menggunakan bahan produksi dari PT. Sorento Nusantara. “Bapak bupati mengarahkan agar desa menggunakan bahan produksi dari perusahaan yang berkualitas, supaya jalan yang di bangun di desa dapat bertahan lebih lama,” lanjutnya.

Foto 4

Lebih jauh Syahroni mengatakan, dengan jumlah DD yang besar dari tahun ke tahun, Pemerintah Desa Bakauheni akan memanfaatkan kucuran dan itu dengan sebaik-baiknya dan sesuai dengan peruntukkannya.  “Program DD harus sesuai peruntukkannya. Maka dari itu, Pemerintah Desa Bakauheni menyerap aspirasi dan saran dari masyarakat melalui Badan Permusyawaratan Rakyat (BPD) untuk membangun apa yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat desa,” terang Sahroni.

Pemberdayaan Untuk Tingkatkan SDM Yang Kreatif

Pemberdayaan dan pembinaan terhadap masyarakat dan aparat desa memang diperlukan untuk mewujudkan sumber daya manusia (SDM) yang kreatif.

Sepertinya yang di sadari oleh Kepala Desa Bakauheni Syahroni. Buktinya, kucuran dana desa (DD) tahun 2017 masih di manfaatkan oleh pemerintah desa setempat untuk melakukan pembinaan dan pemberdayaan seperti tahun lalu.

Pembinaan yang dilakukan Pemerintah Desa Bakauheni tahun ini yaitu tentang keagamaan dan kepemudaan. “Pembinaan dilakukan pada peringatan hari besar Islam (PHBI) seperti Isra Mi’raj, Maulid Nabi Muhammad SAW dan hari-hari lainnya,” kata Syahroni.

Khusus untuk pembinaan kepemudaan, Pemerintah Desa Bakauheni telah mengucurkan dana untuk membantu mengadakan sarana dan prasarana olahraga bagi pemuda desa setempat. “Ya, kami memberikan bantuan perlengkapan olahraga. Dan tidak kalah penting, kami juga mengadakan kegiatan seperti turnamen. Tujuannya, untuk membina dan mencari bibit atlet-atlet potensial di Bakauheni,” lanjutnya.

Kepala Desa Bakauheni Syahroni

Dalam hal pemberdayaan, Pemerintah Desa Bakauheni telah mengucurkan dana untuk sejumlah perangkat dan prasarana desa. Yaitu pemberdayaan TP-PKK Desa Bakauheni, pengembangan perpustakaan desa, swasembada WC dan sarana posyandu balita. “Kemudian dilanjutkan dengan penyuluhan pelestarian daerah pesisir pantai dan penghijauan lahan gundul,” ujarnya.

Menurut Syahroni, pihaknya masih akan memberikan pemberdayaan untuk meningkakan pelayanan Keluarga Berencana (KB) dan peningkatan kapasitas aparat desa. “Beberapa di antaranya sudah kami laksanakan. Dan untuk pemberdayaan yang belum akan dilakukan secepatnya, agar Desa Bakauheni bisa menjadi yang sangat aktif diberbagai bidang,” pungkasnya. (rnd)

Leave A Reply

Copyright © 2017. Radar Lamsel