Targetkan ODF, Mandalasari Bagikan Jamban Sehat

327

SRAGI – Pemerintah Desa Mandalasari, Kecamatan Sragi merealisasikan pembangunan jamban sehat dengan membagikan 62 closet kepada warga, Senin (23/7) kemarin.

Kepala Desa Mandalasari Sugianto mengatakan, pembangunan jamban sehata ini dilakukan untuk mencapai predikat Open Defication Free (ODF).

“Pembangunan jamban sehat ini dilakukan  demi mengejar predikat ODF. Pada tahun ini kami membagikan 62 closed kepada warga yang belum mempunyai sanitasi pembuangan tinja,” katanya.

Menurutnya, pembangunan jamban sehat ini merupakan stimulan kepada masyarakat untuk membangun sanitasi pembuangan tinja. “Pembangun jamban sehat ini merupakan stimulan. Kami hanya menyediakan material seperti closet, pipa dan semen. Sedangkan pengerjaannya dilakukan oleh masyarakat itu sendiri,” tambahnya.

BACA :  Nelayan Kualajaya Sulit Dapatkan Solar

Lebih lanjut, Sugianto menerangkan, saat ini terdapat 244 kepala keluarga warga Desa Mandalasari yang belum mempunyai sanitasi pembuangan air besar.

“Harapan kami dengan adanya pembangunan jamban sehat ini masyarakat yang belum memiliki sanitasi pembuangan tinja dapat membangun jamban dengan kesadaran mereka sendiri,” harapnya.

Sementara itu Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskemas Rawat Inap Kecamatan Sragi Sumari Sasmito menerangkan, semua desa di Kecamatan Sragi saat ini telah melakukan pembangunan jamban sehat.

BACA :  Margasari Konsen Sektor Pertanian

“Tahun ini ada dua desa ditargetkan mendapat perdikat ODF. Meski pada tahun ini semua desa belum menargetkan akan mendapat predikat ODF, namun semuanya sudah dalam proses pembangunan,” paparnya.

Selain itu, dalam medukung pembangunan jamban sehat pihaknya juga melakukan pembinaan desa. “Kami juga melakukan demontrasi pembangunan jamban sehat yang benar di setiap desa,” imbuhnya. (Cw1)

BAGIKAN