Tata Ruangan, Tingkatkan Pelayanan Kesehatan

930
Shofyan Apriyansyah – Jajaran Dinas Kesehatan meninjau gedung Puskesmas Rawat Inap (PRI) Kecamatan Sragi, kemarin.

SRAGI – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lampung Selatan meninjau persiapan tata ruang pelayanan kesehatan Puskesmas Rawat Inap (PRI) Kecamatan Sragi, Senin (22/2).
Mereka akan mengkaji dan mengevaluasi tata ruang PRI demi terciptanya pelayana kesehatan kepada masyarakat Sragi yang efisien dan efektif.
Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Kesehatan (Yankes) Pemkab Lamsel dr. Media Aprilia saat melakukan kunjungan di PRI tersebut mengatakan, guna menciptakan pelayanan maksimal tata ruang pelayanan harus menjadi perhatian utama.
“Sebelum PRI Kecamatan Sragi ini diresmikan, kami cek terlebih dulu untuk memastikan tata ruangannya. Setiap ruangan harus sesuai dengan fungsinya. Akses pelayanan seperti ruang tunggu pasien, pendaftaran, ruang rawat jalan dan ruang rawat inap harus ditata agar lebih efisien dan efektif dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” tutur Media Aprilia, kemarin.
Media Aprilia juga mengatakan, ruangan rawat inap, rawat jalan dan tempat tidur pasien harus di pisahkan. Hal itu, kata dia, penting diperhatikan karena merupakan upaya menekan penyebaran penyakit terhadap antar pasien. “Kalau pasien yang terindikasi penyakit berbahaya tidak dipishakan itu bisa menjadi indikator penyebaran penyakit terhadap pasien lainnya. Penyebarannya bisa melaui tempat tidur, sprai kontak langsung, udara dalam ruangan dan lainya,” tutur Media Aprilia.
Sementara Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) PRI Sragi, Sumari Sasmito, S.K.M, M. Si mengatakan, saat ini dirinya dan petugas PRI lainnya, sedang melakukan persiapan tata ruangan sebelum PRI beropersasi. Selain itu Sasmito juga mengatakan, jika setiap ruangan sudah memenuhi standar dan fungsinya maka pelayanan kesehatan bisa dilakukan dengan maksimal. “Sebelum PRI resmi beroperasi, kami terus melakukan pembenahan dalam rangka persiapan,” ujar Sasmito. (CW2).

BACA :  Burhanudin Jabat Kepala BPPRD, Badruzzaman Nonjob
BAGIKAN