Tentukan Arah Kebijak Pengembangan Usaha

2
Shofyan Apriyansyah – Camat Sidomulyo Rendy Eko Supriyanto, membuka kegiatan pemutahiran data para pelaku UMKM di aula Kecamatan setempat, Senin (2/12).

SIDOMULYO – Seluruh Kepala Desa (Kades) di Kecamatan Sidomulyo dimbau untuk mendata para pelaku usaha di desanya masing-masing.

Upaya, pemutahiran data bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) itu, akan dimanfaatkan oleh pemerintah dalam menetukan arah kebijakan yang tepat, dalam sektor pengembangan usaha melalui pembinaan dan pelatihan kepada para pelaku UMKM diwilayah itu.

Camat Sidomulyo Rendy Eko Supriyanto mengatakan, tujuannya dari pemutahiran data para pelaku UMKM adalah untuk mengetahui perkembnagan dan jumlah UMKM pertahunnya.

“ Pemutahiran data para pelaku UMKM di Sidomulyo ini adalah untuk mengetahui perkebangan dan jumlah UMKM secara real,” kata Rendy Eko Supriyanto di kantornya, kemarin.

BACA :  Petani Sidomulyo Susun RDKK

Sehingga, sambungya, melalui validasi data yang real para pelaku UMKM dapat digunakan oleh pemerintah dalam membantu pemerintah menentukan arah kebijakan yang tepat kepada para pelaku UMKM diwilayah itu.

“ Melalui data dan informasi para pelaku UMKM yang valid, pemerintah dapat memberikan pendapingan dan pembinaan dalam pengembangan usaha kepada para pelaku usaha kecil menegah,” imbuhnya.

Sementara ini lanjut Camat Sidomulyo itu, kami baru sebatas pemutahiran data. Dimana, data dan informasi para pelaku UMKM nanti akan kami serahkan kepada Pemkab Lamsel.

BACA :  Nuansa Keadatan Dipelantikan Kades

“ Sementara, kami mengimbau kepada Kades di Sidomulyo untuk segera mendata jumlah UMKM dengan mengisi Forms yang sudah disediakan,” tutur Rendy Eko Supriyanto.

Menurut, Kades Sidodadi Sigig Edi Lukman, pemutahiran data informasi para pelaku UMKM merupakah langkah tepat untuk mendukung para pelaku usaha tertib administratib. Pihaknya mendukung kegiatan tersebut.  

“ Kami sangat mendukung pemutahiran data para pelaku usaha kecil menegah ini. Sebab, banyak manfaat yang akan didapat oleh para pelaku usaha kecil, utamanya kemudahan akses untuk pengembangan usaha melalui pendapingan dan pembinaan oleh pemerintah,” pungkasnya. (CW2)

BAGIKAN