Tentukan Prioritas Pembangunan Lewat Musrenbangdes

562
FOTO DIMAS - Camat Jatiagung Ariswandi, SH. MH saat memberikan arahan kepada peserta Musrenbangdes Margakaya di Balai Desa setempat, beberapa hari yang lalu.

JATIAGUNG – Desa Margakaya, Kecamatan Jatiagung menggelar Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) dengan agenda pengusulan dan perencanaan program pembangunan tahun anggaran 2017, di balai desa setempat, pekan lalu.

Musrenbangdes tersebut dihadiri oleh Camat Jatiagung Ariswandi, SH. MH sejumlah tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, BPD, LPM, kader-kader PKK Desa Margakaya dan semua perangkat Desa.

Kepala Desa Margakaya Mujimin mengatakan, ini adalah merupakan pembahasan perencanaan pembangunan untuk tahun 2017, tentunya akan dibuat skala prioritasnya dan mensingkronkan dengan visi dan misi Bupati Lamsel DR. H. Zainudin Hasan, M.Hum. “Prioritas kita adalah infrastruktur jalan, terlepas nanti kita mau paving blok, aspal atau mungkin rabat beton itu tergantung lokasinya. Tentu kalau jalan kecil kita pakai paving blok dan untuk jalan lingkungan yang besar mungkin kalau dananya sesuai dengan yang dijanjikan pemerintah kita akan melaksanakan sampai latasir,” katanya.

BACA :  Drainase kok Lebih Tinggi dari Jalan?

Dan berkaitan dengan BUMDes dan Perpuseru tingkat desa pihaknya akan masukkan ke dalam anggaran tahun 2017. “Kalau perencanaan awal kami adalah untuk jual beli peralatan usaha pertanian. Bahkan kami juga sudah berkonsultasi dengan pihak kabupaten dan provinsi karena melihat potensi di desa ini di bidang pertanian dan peternakan. jadi kalau desa ini menganggarkan beberapa persen untuk penggemukan sapi dengan sistem titipan dari pihak provinsi mengatakan diperbolehkan dan kalau memang itu saya nilai efektif maka akan saya arahkan kesana. Dan terkait jamban sehat kami sudah memesan alat cetakannya kepada Kepala UPT Puskesmas Karanganyar Sudibyo, S.K.M sehingga pada tahun 2017 Desa Margakaya tidak ada lagi warga yang buang air besar sembarangan,” jelas Mujimin.

BACA :  Drainase kok Lebih Tinggi dari Jalan?

Camat Jatiagung Ariswandi, SH. MH mengatakan, sepertinya di Kecamatan Jatiagung Desa Margakaya ini yang pertama yang melakukan Musrenbangdes. Tapi seharusnya lebih baik ketika desa mengadakan Musrenbangdes juga turut mengundang instansi terkait. “Seperti Kepala UPT Pendidikan karena nanti ada kaitan dengan PAUD, bagaimana nanti anggarannya dan apa programnya. Kemudian Kepala UPT Puskesmas karena disini ada bidan desa. Sesuai dengan arahan Pak Bupati Lamsel bahwa di tahun 2017 harus mengutamakan infrastruktur jalan 60 sampai 70 persen dan harus membentuk BUMDes,” terang dia. (dms)

BAGIKAN