Thomas: OSN-MIPA Wahana Ilmiah Uji Kompetensi Siswa

666

KALIANDA – Olympiade Sains Nasional Matematika dan IPA (OSN-MIPA) merupakan ajang perlombaan yang paling bergengsi dikalangan pelajar. Selain untuk menguji kemampuan, lomba OSN ini juga untuk mencetak pelajar yang memiliki kemampuan dibidang mata pelajaran sains.

Itu dikatakan Plt. Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Lampung Selatan Thomas Amirico saat membuka acara lomba OSN-MIPA tingkat pelajar SMP se-Kabupaten Lamsel di SMPN 1 Kalianda, Sabtu (24/3) pekan kemarin.

“OSN ini digelar untuk mencetak pelajar-pelajar yang memiliki kemampuan dibidang mata pelajaran Sains. Oleh karena itu, bagi peserta yang menjadi terbaik pada OSN ditingkat kabupaten ini akan kembali diikutsertakan pada OSN ditingkat provinsi, dan jika kembali berhasil meraih juara maka akan diikutkan pada OSN ditingkat Nasional,” ujar Thomas Amirico.

BACA :  Percepat Penyaluran BLT Terdampak Covid-19!

Diungkapkannya, inti diadakannya kegiatan OSN-MIPA ini adalah untuk memotivasi dan menumbuhkan kompetensi para pelajar dalam mengembangkan bakat dan minat dibidang pelajaran Matematika dan IPA.

“Kami (Disdik Lamsel, red) tentunya akan terus berupaya meningkatkan kualitas OSN dengan harapan setiap tahun akan lahir anak didik yang memiliki kemampuan sains berkualitas nasional. Harapannya, peserta yang nantinya mengikuti OSN di tingkat kabupaten, provinsi mapun nasional bisa memboyong juara di bidang Matematika dan IPA sekaligus mengharumkan nama Kabupaten Lampung Selatan,” ungkapnya.

BACA :  Tahapan Pilkada Tunggu PKPU

Thomas pun berharap, para peserta lomba menjadikan OSN-MIPA sebagai wahana ilmiah untuk menguji kompetensi dan meningkatkan jati diri serta membiasakan siswa kreatif dan kompetitif dalam bidang ilmiah.

“Oleh karena itu kepada para kepala sekolah maupun guru pendamping yang hadir pada acara ini ( lomba OSN, red) agar senantiasa meningkatkan kinerja dalam mendidik para peserta didik di sekolah, serta menjaga komunikasi dàn koordinasi yang baik. Supaya segala program kegiatan yang dilaksankan disekolah dapat berjalan dengan baik dalam rangka memajukan dunia pendidikan di Lampung Selatan,” harapnya. (iwn)