THR untuk THLS Tanggungjawab Kepala OPD

817
Plt. Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto
KALIANDA – Para pegawai Tenaga Honor Lepas Sukarela (THLS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan tidak perlu was-was dan khawatir soal Tunjangan Hari Raya (THR) Tahun 2019. Meskipun besaran nilainya tidak diketahui secara detail, namun dipastikan bakal mendapatkan tunjangan pada 24 Mei, mendatang.
 
Kepastian ini disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto, saat dikonfirmasi Radar Lamsel, Selasa (21/5) mendatang. Nanang meminta, Kepala OPD di masing-masing satuan kerja (satker) memberikan perhatian khusus kepada jajaran THLS untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.
 
“Kebijakan ini kami berikan mengingat THLS juga merupakan jajaran penting di Pemkab Lamsel. Setidaknya, sebagai bentuk perhatian yang diberikan oleh pemerintah tempat mereka mengabdi,” ungkap Nanang saat diwawancarai wartawan.
 
Politisi PDIP ini, tidak membeberkan secara rinci besaran nilai yang bakal diberikan kepada jajaran THLS. Pasalnya, pemerintah tidak mengalokasikan anggaran khusus untuk keperluan THR tenaga honorer tersebut. Namun, di meminta setiap Kepala OPD memikirkan nasib jajaran staf yang telah turut membantu pekerjaan sehari-hari.
 
“Ya, boleh dikatakan tali asih atau semacamnya. Nanti, dinas masing-masing yang akan menganggarkannya. Saya minta berikan yang manusiawi dan wajar. Syukur-syukur bisa satu kali gaji mereka juga,” terangnya.
 
Sementara itu, Kepala BKD Lampung Selatan Akar Wibowo menjelaskan, saat ini tercatat sebanyak 1.830 THLS yang ada di lingkup Pemkab Lamsel. Angka tersebut, diluar dari tenaga honorer dinas/instansi atau yang biasa disebut Hondis/TKS.
 
“Mereka tersebar di seluruh OPD dan Sekretariatan Daerah Kabupaten (Setdakab) Lamsel. Termasuk juga yang ada di UPT serta tersebar di 17 Kecamatan,” tandas Akar.
 
Teepisah, Kepala BPKAD Lampung Selatan Intji Indriati mengatakan, pemberian THR bagi THLS memang tidak diatur dalam undang-undang. Namun, kebijakan pemberian tunjangan itu terdapat pada pimpinan daerah yang berwenang.
 
“Jadi, memang tidak ada anggaran khusus melalui APBD untuk THR pegawai honorer. Namun, pimpinan sudah memberikan kebijakan dan dibebankan oleh Kepala OPD masing-masing yang mengalokasikan anggaran tersebut dan diberikan pada hari yang sama dengan THR ASN,” pungkasnya. (idh)
BACA :  Deklarasi Damai, Nanang Minta Cakades Siap Menang dan Kalah
BAGIKAN