Tiga Alasan Lamsel Bakal Absen di Event LF 2019

179
Kabag Perekonomian Maturidi Ismail.

KALIANDA – Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian Setkab Lamsel Maturidi Ismail menyatakan terdapat tiga alasan yang menyebabkan Kabupaten Lampung Selatan bakal absen di gelaran Even Lampung Fair (LF) 2019 yang akan dihelat oleh Pemerintah Provinsi Lampung pada bulan April mendatang.

          Tiga alasan itu adalah, sedikitnya waktu yang ada untuk Lamsel melakukan persiapan mengikuti event tahunan provinsi tersebut. Kemudian, naiknya anggaran kontribusi daerah yang ditetapkan oleh pihak Event Organizer (EO) LF 2019 yang angkanya mencapai Rp10 juta rupiah. Lalu pos anggaran yang disiapkan oleh pemkab Lamsel untuk kegiatan tersebut baru bisa dicairkan dibulan Oktober 2019.

          “Karena tiga alasan itulah mengapa kita (Pemkab Lamsel,red) berat untuk mengikuti Lampung Fair tahun ini. Nanti kalau dipaksakan hasilanya bakal tidak maksimal. Jadwal pelaksanaanya saja dimajukan dibulan April, bagaimana bisa kita melakukan persiapan dengan waktu yang singkat. Belum lagi adanya kenaikan kontribusi daerah yang biasanya hanya Rp55 juta, dinaikan menjadi Rp65 juta. Nanti siapa yang mau nalangin yang Rp10 jutanya,” ujar Maturidi kepada Radar Lamsel melalui sambungan telepon, Kamis (14/3) kemarin.

BACA :  Alokasi BUMDes Tahun Ini Maksimal 5 Persen

          Diungkapkannya, untuk mengikuti kegiatan Lampung Fair seperti tahun-tahun sebelumnya, itu membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Sementara, pos anggaran yang disiapkan untuk kegiatan tersebut baru bisa digunakan dibulan Oktober 2019.

BACA :  Polsek Kalianda Razia Titik Rawan Kriminalitas

          “Karena biasanya pelaksanaannya itu dibulan Agustus, jadi kita masih bisalah mencari dana talangan dengan jeda waktu yang tidak lama untuk mengantinya. Lah ini, pelaksanaanya di bulan April, sedangankan pencairan pos anggaran baru bisa dilakukan dibulan Oktober, siapa yang mau meminjamkan dan talangan dengan waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, hal ini masih akan dilakukan pembahasan kembali,” ungkapnya.

          “Kalau pun Kabupaten Lamsel harus dipaksakan ikut serta dalam kegiatan Lampung Fair tersebut, ya mau tidak mau kita tampil seadanya saja. Atau semampu persiapan yang dilakukan oleh masing masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkup Pemkab Lampung Selatan,” pungkasnya. (iwn)

BAGIKAN