Tiga Cakades Tak Ikut Deklarasi Damai

143
David Zulkarnain – Penandatanganan deklarasi damai pilkades yang dilakukan oleh salah satu calon kepala desa pada saat digelarnya deklarasi damai pilkades di Kecamatan Sragi, Senin (24/6).

SRAGI – Pemerintah Kecamatan Sragi menggelar deklarasi damai pilkades bagi calon kepala desa yang menjadi kontestasn pemilihan kepala desa serentak gelombang III, Senin (24/6).

          Pantauan Radar Lamsel, 13 calon kepala desa dari tiga desa yang mengikuti pilkades serentak, hanya 10 calon kades yang ikut serta dalam deklarasi damai pilkades, yang digelar dihalam kantor Kecamatan Sragi itu.

          Camat Sragi, Bibit Purwanto mengatakan, deklarasi damai pilkades ini sebagai upaya untuk mengimbau calon kepala desa yang menjadi peserta pemilihan kepala desa pada Rabu (26/6) mendatang.

          “Deklarasi damai ini untuk mengingatkan semua pihak baik calon kades atau panitia untuk bisa melaksanakan pemilihan kepala mentaati pelaksanaan sesuai dengan peraturan,” kata Bibit disela deklarasi damai pilkades tersebut.

BACA :  Cegah Kerusakan Proyek Desa via Perencanaan

          Bibit mengungkapkan, untuk wilayah Sragi terdapat tiga desa yaitu Desa Sumberagung, Kedaung, dan Baktirasayang ikut serta melaksanakan pemilihan kepala desa serentak, dengan total 13 calon kepala desa. Namun pada kesempatan deklarasi damai tersebut hanya dihadiri oleh 10 calon kepala desa.

          Ketiga calon kades yang tidak hadir tersebut yaitu, Mulyadi calon kades nomor urut 1 Desa Kedaung. Wagimin, calon kades nomor urut 1 Sumberagung, dan Sumardi calon kades nomor urut Desa Sumberagung.

          “Iya ada tiga calon kades yang tidak hadir dalam penandatanganan deklarasi damai pilkades ini. Namun kami tetap mengharapkan untuk calon kades tersebut bisa menjaga etika dan melakasanakan pilkades sesuai dengan peturan yang sudah ditetapkan,” paparnya.

BACA :  Lagi, Pusat Bantu Dryer UV untuk Poktan Sragi

          Sementara Kapolsek Sragi, Iptu Lukman yang turut hadir dalam kesempatan tesebut mengajak calon kepala desa dan pantia kepala desa menciptakan suasanan aman dan kondusif dalam pemilihan kepala desa.

          “Kami harapkan seluruh lapisan masyaraka, terutama untuk calon kades dan panitia pilkades bisa menciptakan suasana yang aman dan kondusif. Karena tidak ada tolerir bagi yang menganggu pelaksanaan pilkades atun mekalukan kecurangan,” harapnya. (vid)

BAGIKAN