Tiga Hari, 435 Surat Tilang Dilayangkan

275

Operasi Zebra Krakatau 2018

KALIANDA – Memasuki hari ketiga pelaksanaan operasi Zebra Krakatau 2018, jajaran Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Lampung Selatan sudah menindak 435 pengendara yang melanggar ketertiban lalulintas di jalan raya.

Pengendara sepeda motor mendominasi pelanggaran dalam berlalulintas dijalan raya. Rinciannya, yakni pengendara sepeda motor sebanyak 295 kendaraan, roda empat (mini bus) 46 kendaraan, bus sebanyak 48 kendaraan dan kendaraan truk roda 6 sebanyak 46 kendaraan.

Kasatlantas Polres Lamsel AKP. Reza Khomeini mengatakan, pada hari pertama pelaksanaan operasi Zebra Krakatau, jajarannya sudah memberikan surat tilang sebanyak 131 buah. Selanjutnya pada hari kedua sebanyak 150 buah dan pada hari ketiga 154 buah. “Dari hari pertama sampai hari ketiga sudah 435 buah surat tilang diberikan kepada pengendara yang melanggar ketertiban lalulintas di jalan raya,” kata Reza panggilan akrab Kasatlantas Polres Lamsel Reza Khomeini, Kamis (1/11) kemarin.

BACA :  Jalan Buruk Menggema di Panggung Reses

Menurut Reza, sebagian besar pelanggaran bagi pengendara sepeda motor masih didominasi tidak melengkapi surat-surat seperti surat izin mengemudi (SIM) dan tidak memakai helm. “Sementara pengendara kendaraan roda empat rata-rata tidak menggunakan sabuk pengaman dan surat-surat. Untuk pengendara mobil truk rata-rata kelebihan muatan,” terang Kasatlantas Polres Lamsel saat menggelar operasi Zebra Krakatau 2018 di jalan lintas timur (Jalintim) Desa Ruguk, Kecamatan Ketapang, kemarin.

Reza menambahkan, hingga hari ketiga pelaksanaan operasi Zebra Krakatau 2018, jajarannya belum menemukan kasus kendaraan hasil pencurian atau kendaraan bodong. “Sampai sekarang belum ditemukan kasus kendaraan bodong,” ujarnya.

Terkait pelaksanaan operasi Zebra Krakatau 2018, Satlantas Polres Lamsel terbagi menjadi tiga tim. Yakni, wilayah Kota Kalianda, wilayah Jalan Lintas Timur (Jalintim) dan wilayah Natar. “Kami menghimbau kepada masyarakat yang menggunakan kendaraan sepeda motor dan mobil agar melengkapi surat-surat kendaraan seperti STNK dan SIM serta memakai helm. Begitu juga bagi pengendara kendaraan roda empat. Patuhi rambu-rambu lalulintas dijalan raya demi keselamatan bersama,”pungkasnya.

BACA :  PR Burhanuddin Mendongkrak PAD

Sekedar mengingatkan, Operasi Zebra Krakatu 2018 resmi digelar Selasa (30/10). Dalam kegiatan operasi yang dimulai sejak 30 Oktober hingga12 Desember mendatang, Kepolisian Resor Lampung Selatan (Polres Lamsel) akan menyasar pengendara yang tidak memenuhi unsur keselamatan dalam berlalu lintas.

Jenis pelanggar yang akan ditindak adalah pengendara yang tidak memakai helm SNI (Standar Nasional Indonesia), pengendara yang melanggar marka jalan, penggunaan jalur yang tidak sesuai atau melawan arus dan pengendara motor yang berboncengan tiga orang.

Sementara untuk kendaraan roda empat, polisi akan menindak kendaraan yang tidak sesuai atau melebihi ketentuan. Misalnya seperti kendaraan bak terbuka yang digunakan untuk mengangkut orang. Polisi menyatakan tindakan yang diberikan adalah upaya penegakan hukum yang bersifat preventif.(man)

BAGIKAN