Tiga Tahun, DD Berhasil Bangun Infrastruktur Pematang

130
Idho Mai Saputra – Masyarakat Desa Pematang, Kecamatan Kalianda melanjutkan program pembangunan DD memperbaiki jalan gang dengan rabat beton.

KALIANDA – Pemerintah Desa Pematang, Kecamatan Kalianda konsisten melakukan pembangunan infrastruktur dengan menggunakan anggaran desa. Buktinya, selama bergulirnya program Dana Desa (DD) kebutuhan infrastruktur di desa setempat rampung dikerjakan.

Dari data yang dihimpun, sepanjang tahun 2017 hingga 2019 tercatat lebih dari 5.500 meter panjang jalan telah dibangun baik menggunakan cor beton maupun paving blok. Bahkan, ditahun 2019 ini pembangunan infrastruktur bukan membangun badan jalan baru melainkan rehabilitasi yang dianggap tidak layak.

Kepala Desa (Kades) Pematang Samsul Bahri, SH mengungkapkan, membangun infrastruktur jalan desa menjadi fokus pemerintah desa karena memang arahan undang-undang. Terlebih, kebutuhan infrastruktur jalan memang sangat dibutuhkan oleh warga.

BACA :  4 Kepala Desa Dari Kalianda dan Bakauheni Dilantik

“Kami bersyukur sejak bergulirnya DD semua jalan desa dan dusun diwilayah kami bisa terbangun mulus. Bahkan, tahun ini kami sudah melakukan perbaikan jalan cor beton yang dulu dibangun melalui program PNPM. Karena, sudah tidak ada lagi jalan untuk kami bangun. Semua sudah mulus sesuai harapan pemerintah pusat, “ungkap Samsul kepada Radar Lamsel, Kamis (11/7) kemarin.

Dia menjelaskan, pada anggaran DD tahap I Tahun 2019 ini pihaknya memperbaiki jalan cor beton di Dusun II sepanjang 250 meter. Yang mana, sebelumnya jalan tersebut sudah dibangun melalui PNPM dan kondisinya sudah rusak berat.

“Karena sudah tidak ada lagi pembukaan badan jalan baru. Dari hasil musyawarah warga maka kami melakukan perbaikan jalan gang yang sudah ada. Semoga jalan ini membawa manfaat bagi masyarakat. Apalagi jalan menuju perkebunan desa sudah beres semua,” terangnya.

BACA :  DPD II Golkar Jemput Rekom Wakil Parlemen Lamsel

Lebih lanjut dia mengatakan, kedepannya pihaknya bakal fokus melakukan pembangunan dibidang yang lain melalui sumber DD. Namun, tetap mengacu pada regulasi yang ditetapkan pemerintah pusat maupun daerah.

“Apa yang menjadi usulan masyarakat tentunya bakal menjadi pertimbangan dan dasar dalam melakukan pembangunan. Saya harap depan nya Pemerintah Desa Pematang semakin baik. Karena saya sudah berada dipenghujung masa jabatan,” pungkasnya. (idh) 

BAGIKAN