Tim Anti Begal Bekingi Pemudik

153
Foto Ilustrasi

KALIANDA – Kepolisian Resor Lampung Selatan (Polres Lamsel) telah menyiapkan skema pengamanan menjelang selama Ramadan. Khususnya pada momen arus mudik dan arus balik. Sejatinya, skema pengamanan tahun ini masih sama seperti sebelumnya. Polres Lamsel melalui Satuan Reserse Kriminal telah membentuk Tim Anti Begal yang akan ditempatkan di dua jalur untuk membekingi pemudik.

Pertama, Tim Anti Begal akan disebar di Jalan Lintas Sumatera. Ke dua, tim lain akan disebar di Jalan Lintas Timur. Dua jalur ini memang menjadi perhatiannya penting Polres Lamsel dalam mengamankan pemudik. Di mana, tim akan menyisir lokasi dan titik-titik jalan yang rawan tindakan kriminalitas.

Khususnya sepeda motor yang dianggap rawan dijadikan sasaran pelaku kejahatan. Seperti tahun lalu, tim ini akan mengawal pemudik yang keluar dari pintu Pelabuhan Bakauheni. Sistem keamanan, Tim Anti Begal akan mengawal pemudik yang melalui Jalintim dan Jalinsum sampai ke wilayah perbatasan. Selain begal, tim ini juga akan menyasar kejahatan lain seperti penjambretan yang cukup sering terjadi.

BACA :  Alat Deteksi Tsunami Kepung Selat Sunda

“Pengawalan sampai ke perbatasan, pemudik yang melintasi Jalintim dikawal sampai ke wilayah perbatasan Polres Lampung Timur. Dan Jalinsum sampai ke wilayah perbatasan Polresta Bandarlampung,” kata Kapolres Lamsel, AKBP. M. Syarhan, S.IK kepada Radar Lamsel, Kamis (16/5) kemarin.

Alumnus Akpol 1999 mengatakan, Tim Anti Begal akan terus bergerak supaya dapat memantau dan menangkap para pelaku kejahatan. Khususnya aksi kawanan para begal yang masih menjadi kekhawatiran masyarakat banyak. Syarhan menegaskan bahwa anggotanya tidak akan segan-segan membasmi para pelaku.

BACA :  Tiga Tahun, DD Berhasil Bangun Infrastruktur Pematang

“Tim ini sudah berjalan dan akan terus berjalan memberantas begal dan tindak kejahatan lainnya, ini dilakukan demi kenyamanan dan keamanan masyarakat. Kami tidak segan-segan melakukan upaya tindakan tegas dan terukur bila membuat pengguna jalan merasa terancam,” katanya.

Selain dari Reserse, tim ini juga akan dibantu unit lain seperti Intel, Sabhara, dan Brimob. Tim ini ditugaskan melakukan pengamanan di Jalur Lintas Timur (Jalintim) dan Jalur Lintas Sumatera (Jalinsum). (rnd)

BAGIKAN