Tim Penilai Apresiasi Laporan Mendetail Desa Kemukus

169
Sekretaris Tim Penilai Lomba Desa Nasroni, S.Sos saat menyampaikan sambutan dalam penilaian lomba desa tingkat kabupaten di Desa Kemukus, Selasa (12/2).

KETAPANG – Tim penilai lomba desa tingkat kabupaten memberikan apresiasi kepada Pemerintah Desa Kemukus, Kecamatan Ketapang yang sudah mempersiapkan dan memberikan yang terbaik dalam ajang lomba desa tingkat kabupaten tahun ini.

Sekretaris Tim Penilai Lomba Desa Nasroni, S.Sos mengungkapkan, baru Desa Kemukus yang memberikan pemaparan secara mendetail hasil pembangunan dan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan pemerintah desa.

Bahkan menurut Kepala Bidang (Kabid) Kelembagaan Sosial dan Budaya Masyarakat, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Pemkab Lamsel ini, pemaparan Kepala Desa (Kades) Kemukus mendetail hingga dalam bentuk angka. Itu diungkapkan saat melakukan penilaian Lomba Desa tingkat kabupaten di Desa Kemukus sebagai perwakilan Kecamatan Ketapang, Selasa (12/2) kemarin.

“Baru di Desa Kemukus ini pemaparan hasil pembangunan dan kegiatan lainnya mendetail hingga keangka. Dengan mendetail seperti ini, apa yang di kerjakan aparatur desa sangat jelas,” ujar Nasroni saat menyampaikan sambutan, kemarin.

BACA :  Saiful Usung Visi-Misi Pemerataan Pembangunan

Seperti diketahui, lomba desa tahun 2019 ini merupakan penilaian atas pelaksanaan pembangunan dan hasil yang dicapai oleh masing-masing desa setiap tahunnya. Dengan indikator penilaian terdiri tiga bidang, yakni bidang pemerintahan, bidang kewilayahan dan bidang kemasyarakatan. “Bila dilihat dari paparan kepala desa, program-program yang dilaksanakan sudah jelas dan hasilnya cukup baik sekali,” ujarnya.

Camat Ketapang Madro’i, SE dalam sambutannya mengatakan, terpilihnya Desa Kemukus untuk mewakili Kecamatan Ketapang dalam lomba desa tingkat kabupaten tahun 2019 karena beberapa pertimbangan, yakni Desa Kemukus relatif muda dan masih berkembang serta kekompakan masyarakat dalam gotong royong masih cukup tinggi.

“Pemerintah desa dan kecamatan sudah memberikan yang terbaik dalam ajang lomba desa ini. Intinya dalam lomba desa ini tidak mengutamakan juara tapi lebih ditekankan kepada tertib administrasi, menanamkan nilai-nilai kegotong royongan didesa untuk membangun desa yang lebih baik lagi,” paparnya.

BACA :  Saiful Usung Visi-Misi Pemerataan Pembangunan

Sementara itu, Kepala Desa Kemukus Imam Junaidi mengatakan, program pembangunan dan kegiatan pemerintah desa setiap tahun terdata secara rinci sebagai bentuk tertib administrasi. Selain itu, data terperinci dari hasil pembangunan dan kegiatan didesa setiap tahun sebagai bahan laporan kepada masyarakat secara transparan.

“Kami berusaha memberikan yang terbaik dalam lomba desa ini. Tidak ada yang dimanipulasi atau direkayasa. Kami laporkan secara mendetai hasil pembangunan dan kegiatan setiap tahun sampai ke angka-angkanya. Ini sebagai wujud transparan kepada masyarakat apa saja yang sudah dilaksanakan pemerintah desa,” pungkasnya. (man)

 

BAGIKAN