Tingkatkan Peran Serta Perempuan dalam Keluarga Indonesia

131

Winarni Ajak Tendik Paud Tumbuhkan Imajinasi dan Kreatifitas Anak

KALIANDA – Bunda Paud Kabupaten Lampung Selatan Winarni Nanang Ermanto menyampaikan apresiasi atas terpilihnya Kabupaten Lampung Selatan sebagai tempat digelarnya Gerakan Pendidikan Pemberdayaan Perempuan Mandiri (GP3M).

Apresiasi itu disampaikan Istri Plt. Bupati Lamsel Nanang Ermanto saat menghadiri acara Gebyar Paud tingkat Kabupaten Lampung Selatan yang digelar Dinas Pendidikan Lamsel, di Lapangan Kantor Kecamatan Sidomulyo, Rabu (8/8) kemarin.

Menurut Winarni, kegiatan yang diselenggarakan ini menjadi momentum yang sangat strategis dalam rangka menyelesaikan angka buta huruf dan putus sekolah pada perempuan dikabupaten gerbang krakatau ini.

“Pemberdayaan perempuan yang kita lakukan sudah pasti akan memiliki makna yang sangat penting, yakni  menumbuhkembangkan potensi dan peran perempuan dalam semua dimensi kehidupan,” kata Plt. Ketua TP. PKK Kabupaten Lamsel ini dalam sambutanya, kemarin.

Dalam kesempatan itu, Winarni pun mengajak semua stakeholder dan pihak terkait untuk peduli terhadap peningkatan peran serta perempuan dalam keluarga agar lebih kuat dan memiliki kualitas yang tinggi. ”Marilah kita bersama-sama meningkatkan peran serta perempuan dalam keluarga Indonesia agar lebih kuat dan berkualitas. Upaya ini bukan hanya menjadi tanggungjawab satu pihak saja, tetapi merupakan tanggungjawab kita bersama,” ajaknya.

Tak lupa, Winarni juga mengapresiasi karya-karya yang ditampilkan oleh masing-masing lembaga PAUD se- Lampung Selatan, seperti halnya kerajinan-kerajian tangan yang dipamerkan di acara Gebyar Paud dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional Tahun 2018. “Ini semua tentunya dapat menjadi tempat anak-anak untuk berkreasi dan juga menumbuhkan imajinasi dan jiwa kreativitas dalam berkarya,” harapanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Lamsel Thomas Americo menjelaskan, digelarnya Gebyar Paud ini, selain untuk bersilaturahmi antar sesama tendik Paud, juga untuk mempromosikan program Paud kepada masyarakat umum, sekaligus pemberdayaan perempuan mandiri melalui GP3M. “Tujuan utamanya adalah untuk mempromosikan program Paud kepada masyarakat, dan juga pemberdayaan perempuan melalui program Gerakan Pendidikan Pemberdayaan Perempuan Mandiri,” jelasnya.

Thomas berharap, dengan digelarnya Gebyar Paud ini dapat mendorong partisipasi seluruh elemen untuk terlibat aktif dalam membantu meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini di Kabupaten Lamsel.

Selain itu juga, sebagai peningkatan peran serta perempuan, khususnya yang menyangkut soal sumber daya manusia nya, baik pendidikan maupun keterampilan yang dimiliki. “Melalui kegiatan ini kita ingin mendorong peran serta perempuan agar memiliki kemampuan dan keterampilan. Sehingga bisa berperan aktif mendorong perekonomian rumah tangganya dan pembangunan disekitar lingkungan tempat tinggal,” pungkasnya. (iwn)

BAGIKAN