TNI-Polri Siap Amankan Pemilu 2019

88
Foto Idrus (HL) - Kapolres Pesawaran AKBP Popon Ardianto Sunggoro saat memimpin Apel Pergeseran Pasukan Ops Mantab Brata Krakatau 2018 dalam rangka Pengamanan tahap pungut dan hitung suara Tahun 2019.

GEDONGTATAAN – Para personel TNI-Polri yang terlibat dalam proses pemungutan suara Pemilu pada hari Rabu 17 April 2019 mendatang diharapkan dapat melaksanakan tugas secara optimal untuk mengamankan 1.481 TPS yang tersebar diseluruh wilayah Kabupaten Pesawaran. Apalagi, aparat Kepolisian telah memetakan beberapa TPS dengan katagori rawan dan sangat rawan.

Menurut Kapolres Pesawaran AKBP Popon Ardianto Sunggoro, ploting penempatan personel yang akan mengamankan TPS pada pemilu 2019 ini sudah sesuai dengan pola pengamanan berdasarkan tingkat kerawanan di masing-masing, diaman dari jumlah tersebut terdapat sebangak 1.467 TPS dengan kategori kurang rawan, 12 TPS rawan, 0 TPS sangat rawan dan 2 TPS khusus.

BACA :  KPU Pesawaran Kekurangan 1.806 Surat Suara

“Rangkul dan bekerjasama dengan semua elemen masyarakat, serta mengajak untuk bersama-sama Pelaksanaan Pemilu 2019, Mari kita yakinkan kepada masyarakat bahwa TNI-Polri siap mengawal dan mengamankan Pemilu 2019,” ujar Kapolres saat melaksanakan Apel Pergeseran Pasukan Ops Mantab Brata Krakatau 2018 dalam rangka Pengamanan tahap pungut dan hitung suara Tahun 2019, Senin (15/04).

Selain itu, Kapolres juga menyampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan yaitu siapkan fisik dan mental dengan dilandasi komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi sehingga dapat menampilkan jati diri TNI-Polri serta bersikap netral dalam pelaksanaan Pemilu. “Pedomani aturan perundang-undangan serta SOP Pengamanan di TPS, Sesampainya di TPS segera melakukan koordinasi dengan KPPS masing-masing dan ketahui benar perangkat petugas TPS serta mengamankan dan mengawal surat suara yang belum tiba di TPS,” imbuhnya.

BACA :  Dikawal TNI, 40 Kotak Suara Sebrangi Lautan

Selain itu, ia juga meminta kepada jajaranya untuk memberikan pengawalan terhadap kotak maupun surat-suara yang sudah selesai direkap di TPS dan pastikan logistik pemilu tersebut aman sampai di PPK dan dilakukan pengamanan lanjutan oleh Personel Polres dan Polsek setempat. “Hindari pelanggaran maupun penyimpangan yang dilakukan oleh personel TNI-Polri, Maksimalkan penggunaan HT (Handy Talk) untuk kecepatan informasi dan permohonan bantuan kepada Kapolsek/Padal terdekat bila ada kejadian yang perlu penanganan segera,” tandasnya. (Rus)

BAGIKAN