Unggul di Survei Rakata, Nanang Ermanto Pilih Fokus

19
Plt Bupat Lamsel Nanang Ermanto

KALIANDA – Hasil survei dari Lembaga Survei Rakata Institute soal elektabilitas bursa Calon Bupati (Cabup) Lamsel 2020 tidak lantas membuat Plt Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto jumawa atau merasa besar kepala meskipun berada di urutan teratas. Buktinya, Politisi PDIP ini enggan banyak komentar saat dikonfirmasi terkait hal tersebut, Sabtu (17/8) pekan lalu.

Orang nomor satu di Kabupaten Khagom Mufakat ini, memilih untuk lebih fokus menjalankan roda pemerintahan yang saat ini berada di pundaknya. Meskipun, berdasarkan hasil survei lembaga independent itu merilis namanya berada di atas angin dari beberapa nama tokoh politik lainnya.

“Saya tidak mau bicara soal politik dulu. Itu masih lama. Yang jelas, sekarang ini bagaimana caranya kita bersama-sama mensukseskan roda pemerintahan. Khususnya, program pembangunan yang dibutuhkan masyarakat,” ungkap Nanang saat ditemui di Lamban Balak Rumah Dinasnya.

          Mantan anggota DPRD Lamsel dua periode ini menegaskan, saat ini masyarakat Lamsel sudah pandai memilih pemimpin. Terlebih, di era yang serba canggih saat ini semua informasi para calon pemimpin bisa diketahui melalui gadget pribadi.

BACA :  Karateka Lamsel Berlaga di POMNAS 2019

          “Saya rasa sekarang ini masyarakat kita sudah cerdas semuanya. Yang pasti sekarang ini saya akan fokus bekerja dan menyelesaikan tugas saya sebagaimana yang diharapkan oleh masyarakat. Jangan bicara terlalu jauh dulu,” tukasnya.

          Sebelumnya diberitakan, nama Plt.Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto berada diperingkat pertama bursa Calon Bupati (Cabup) Lamsel 2020 versi Lembaga Survei Rakata Institute yang dipublikasikan, Kamis (15/8) kemarin.

Data yang dipaparkan Rakata Institute, politisi PDIP Lamsel itu unggul dari beberapa nama politikus beken lainnya. Nanang berhasil menyita perhatian publik dengan capaian popularitas 82,40 persen, elektabilitas 28,10 persen dan tingkat kepuasan masyarakat terhadap kepemimpinan Nanang Ermanto mencapai 62,20 persen.

Hasil itu tak didapat dalam satu malam. Terutama tingkat kepuasan masyarakat yang mencapai 60 persen lebih. Indikator utamanya menurut Rakata Institute adalah kesigapan Pemkab Lamsel saat penanggulangan bencana tsunami yang melanda kabupaten ini, tahun lalu.

Popularitas Nanang mencapai 82,40 persen. Unggul atas Eky Setyanto 50,10 persen, Tony Eka Chandra 43,10 persen. Kemudian posisi keempat yakni Anggota DPRD Lampung terpilih Lesty P Utami dengan 39,70 persen, Agus Revolusi 35,70 persen, Antony Imam 33,30 persen, Aribun Sayunis 30,10 persen, Fakhrurrozi 23,70 persen, Firdaus 20,50 persen, Ahmad Ngadelan Jawawi 20,00 persen, Ahmad Fitoni Hasan 18,80 persen dan Andi Warisno 16,20 persen. 

BACA :  Pagar Pengaman Kendaraan Pasar Inpres Dicopot

Survei yang dilakukan sejak 1 hingga 15 Agustus 2019 itu menyebut kepuasan masyarakat terhadap kinerja Nanang selama menjadi Plt. Bupati Lamsel mencapai 62,20 persen. “Survei ini kami lakukan di semua kecamatan yang ada di Kabupaten Lampung Selatan, dengan metode sampling dan selama lima hari kami memastikan turun atau tidaknya petugas survei,” ungkap Peneliti Rakata Institute Yuli Harmoko saat merilis hasil survei di D’MC Coffe, Teluk Betung. 

Ia menambahkan, Rakata Institute menyebar surveyor diseluruh kecamatan di Lamsel dengan metode random sample untuk mencari responden. “Kami mencari responden juga tidak sembarangan, secara komputerisasi kami acak,” ujarnya. (idh)

BAGIKAN