Unjuk Tari “Petik Kupi” di FKY 2019

263
Ist. For Radar Lamsel - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Lampung Selatan ikut ambil bagian pada ajang Festival Kebudayaan Yogyakarta 2019, yang digelar di Kampung Mataraman, Desa Panggungharjo, Sewon, Kabupaten Bantul.

KALIANDA – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Lampung Selatan ikut ambil bagian pada ajang Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY) tahun 2019. Kegiatan FKY yang dihelat dari tanggal 4 hingga 21 Juli 2019 itu, dipusatkan di Kampung Mataraman, Desa Panggungharjo, Sewon, Kabupaten Bantul.

Sekretaris Disparbud Ike Sumartati Yuliasari, mewakili Kepala Disparbud Lampung Selatan Ir. Rini Ariasih mengatakan, dalam acara tersebut Tim Kesenian dari Disparbud Lamsel menampilkan atraksi kesenian daerah Lampung seperti tari sigekh penguten (tari sembah, red), tari kreasi petik kupi, dan gambus tunggal dengan melibatkan pelajar dan mahasiswa Lamsel yang ada di kota Yogyakarta.

“Selain dalam rangka memenuhi undangan dari Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Keikutsertaan Tim Kesenian Lamsel dalam mengisi kegiatan FKY 2019 ini juga, menjadi agenda rutin tahunan Disparbud Lamsel,” ujar Ike kepada Radar Lamsel di Kalianda, melalui sambungan telepon, Kamis (18/7) kemarin.

BACA :  Pantai Ketang Bakal Dikenai Parkir

Ike menuturkan, FKY 2019 yang mengusung tema “Mulanira”, itu berlangsung dari tanggal 4 hingga 21 Juli 2019. “Alhamdulillah tim kesenian Lamsel mampu menyedot perhatian penonton saat beratraksi diatas pentas menampilkan tarian sigekh penguten, tari kreasi petik kupi, dan musik gambus tunggal.” tuturnya.

Diungkapkannya, dengan keikutsertaan tim kesenian Lamsel dalam meramaikan Festival Kebudayaan Yogyakarta ini, diharapkan mampu menjadi pembelajaran para generasi muda, khususnya bagi mahasiswa-mahasiswi asal Lampung Selatan yang tinggal di Kota Yogyakarta, untuk memahami seni dan budaya milik daerah lain.

“Setidaknya acara ini dapat memberikan kesempatan kepada generasi muda Lampung Selatan bisa tampil di luar daerah, sekaligus menambah wawasan tentang seni dan budaya milik daerah lain,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kesenian Disparbud Lamsel Ponimin, SE, selaku kordinator tim kesenian menjelaskan, dalam mengisi acara kesenian di ajang Festival Kebudayaan Yogyakarta tahun 2019 ini, pihaknya melibatkan para pelajar dan mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa (IKPM) Lamsel yang ada di Yogyakarta. Dalam keikutsertaannya kali ini, lanjut Ponimin , IKPM Lampung Selatan menampilkan atraksi kesenian daerah Lampung yakni tari sigekh penguten, tari kreasi, serta musik gambus tunggal.

BACA :  140 Pejabat Peserta Lomba Didominasi Eselon III dan IV

Ponimin berharap, dengan ikut sertanya Tim Kesenian Lamsel dalam ajang FKY ini, dapat mempromosikan kesenian daerah Lampung khususnya Lampung Selatan dan juga dunia wisata yang ada di kabupaten berjuluk gerbang krakatau ini.

“Ikutnya Tim Kesenian Lamsel dalam kegiatan ini (FKY, red), selain memenuhi undangan Pemprov DIY, juga sebagai upaya mendukung Pemkab Lamsel dalam mempromosikan dunia pariwisata, seni dan kebudayaan yang dimiliki Lamsel,” pungkasnya. (iwn)

BAGIKAN