Upayakan Satu Kecamatan Satu Damkar

1674
ILUSTRASI

KALIANDA – Jumlah kendaraan dinas (randis) pemadam kebakaran (damkar) yang ada di Kabupaten Lampung Selatan sangat minim. Bupati Lamsel Dr. H. Zainudin Hasan, M.Hum menargetkan jumlah randis damkar minimal satu untuk setiap kecamatan.
Sejauh ini, Pemkab Lamsel hanya memiliki tujuh unit randis damkar untuk mencover 17 kecamatan. Jika idealnya satu kecamatan satu randis damkar, artinya Pemkab Lamsel harus menambah 10 unit mobil damkar.
“Randis damkar sangat minim sekali. Kita baru punya tujuh unit. Jumlah kecamatan ada 17 kecamatan. Kedepan, kita akan upayakan satu kecamatan memiliki satu mobil damkar,”kata Zainudin usai meninjau apel randis di Lapangan Korpri Pemkab Lamsel, kemarin.
Ditambahkannya, target satu kecamatan memiliki satu unit mobil damkar dirasa tidak muluk-muluk. Sebab, mengingat fungsi mobil damkar sangat penting untuk melindungi masyarakat dari musibah kebakaran.
“Ya, sekarang ini kita bicara pencegahan. Bukan menunggu bencana kebakaran datang. Setidaknya kalau ada damkar di setiap kecamatan bisa membuat masyarakat tenang,”imbuhnya.
Dia mencontohkan, jika ada musibah kebakaran di wilayah Kecamatan Ketapang, tidak perlu lagi menunggu mobil damkar dari wilayah Kecamatan Natar. Hal tersebut dirasa sangat mustahil dan tidak efektif.
“Kalau seperti itu kita bubar. Api sudah menyebar dan menghabiskan harta benda masyarakat, damkar baru datang karena jumlahnya yang minim. Mudah-mudahan kita bisa segera melakukan penambahan disetiap kecamatan satu unit mobil damkar,”pungkasnya. (idh)

BACA :  Pemkab Terima Surat Undur Diri Staf Khusus
BAGIKAN