UPK Natar Diminta Lebih Kreatif dan Inovatif

171
Kemas Yogi - Suasana rapat di UPK Natar membahas persiapan MAD LPj UPK 2018 di Aula UPK Natar, Kamis (24/1).

NATAR – Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Kecamatan Natar ditantang untuk lebih kreatif dan inovatif. Sebab, selama ini hanya menyediakan layanan pinjaman bergulir kepada kelompok binaan.

Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kecamatan Natar Hery Putra berharap, UPK bisa menjadi andalan masyarakat tidak hanya dalam hal peminjaman uang tunai.

“Pemodalan usaha dan banyak jenis usaha lain bisa dikembangkan oleh UPK. Intinya untuk masyarakat Outputnya,” katanya saat rapat di kantor UPK Natar, Kamis (24/1).

BACA :  Warga Swadaya Bangun Jembatan Penghubung

Ia menilai, Kecamatan Natar memiliki potensi untuk lebih baik ketimbang daerah lainnya. “Potensinya besar Natar ini, apalagi jumlah penduduk paling besar,” tutur pria yang juga pembina UPK ini.

Sementara itu, Ketua UPK Natar Khusnul Mubarok mengatakan, tahun 2019 memang akan dimanfaatkan untuk menambah kreatifitas dan inovasi pemodalan. “Memang ada rencana kami membentuk LKM (Lembaga Kruangan Mikro) agar masyarakat tidak hanya meminjam tetapi juga bisa menabung,” ucap dia.

BACA :  2019, Desa Candimas Bangun Sembilan Jalan

Ia menambahkan, saat ini UPK Natar baru tiga bulan menjadi lembaga sehingga baru bisa merambat mendirikan usaha-usaha lain. “Saat ini kita sudah memiliki 500 kelompok SPP (Simpan Pinjam Perempuan). Saya kira jumlah ini bisa bertambah lagi jika kembangkan program-program lain seperti koperasi serba usaha dan kerjasama dengan BUMDes,” pungkasnya. (CW1)

BAGIKAN