UPT Imbau Petani Waspadai Hama Wereng

82
David Zulkarnain – Salah satu petani Desa Sumberagung, Kecamatan Sragi sedang melakukan pengamatan populasi hama wereng pada tanaman padi, Senin (15/4).

SRAGI – Unit Pelakasana Teknis (UPT) Penyuluh Pertanian Kecamatan Sragi mengimbau petani setempat waspadai serangan hama wereng.

          Berdasarkan informasi yang dihimpun, selama satu pekan terakhir hama wereng mulai menyerang tanaman padi di Desa Sumberagung dan Desa Margajasa.

          Kepala UPT Penyuluh Pertanian Kecamatan Sragi Eka Saputra mengatakan, saat ini serangan hama wereng mulai terdeteksi dibeberapa wilayah lahan kecamatan setempat.

          “Satu pekan ini, serangan hama wereng telah terdeteksi di Desa Sumberagung dan Desa Margajasa dengan tingkat serangan masih spot-spot,” kata Eka Saputra kepada Radar Lamsel, Senin (15/4).

BACA :  Nanang Lantik Tiga Pjs. Kades

          Eka menerangkan, hama wereng menyerang tanaman padi berumur 50 hari usia tanam. Meski serangan masih secara spot-spot, namun serangan hama wereng bisa meningkat dengan cepat, tanpa adanya pengendalian.

          “Agar tidak kecolongan, kami juga sudah memberikan imbauan kepada petani untuk melakukan pengendalian dan melakukan pengamatan tanaman padi,” ucapnya.

          Lebih lanjut Eka mengungkapkan, untuk mengendalikan serangan hama wereng yang dapat menyebabkan kerusakan pada tanaman padi, pihaknya juga telah memberikan bantuan pestisida kepada petani.

BACA :  Jalan Kaualsekampung – Bandaragung Dikeluhkan

          Selain itu, Eka juga mengimbau petani untuk tidak salah memilih pestisida pengedali hama wereng. Pasalnya, pengendalian tanpa pestisida yang tepat justru dapat membunuh musuh alami hama wereng.

          “Jika ada serangan wereng, petani kami harapkan bisa lapor kepada penyuluh, nanti akan kami beri rekomendasi perstisida yang akan digunankan. Sebab, jika salah menggunakan pestisida yang salah justru dapat membuta ledakan serangan yang lebih besar,” harapnya. (vid)

BAGIKAN