UPT Puskesmas Kalianda Kejar Percepatan ODF

105

KALIANDA – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Kecamatan Kalianda tengah berupaya mempersiapkan langkah percepatan open defecation fee (ODF) di wilayah Kota Kalianda.

Langkah awal yang dilakukan adalah mensosialisasikan tentang pentingnya memiliki jamban sehat dalam rangka mewujudkan rumah sehat bagi keluarga. Itu dikatakan Kepala UPT Puseksmas Kalianda Rosmeli saat mensosialiasikan program jambanisasi di Desa Sumur Kumbang, Kecamatan Kalianda, Kamis (9/8) kemarin.

Rosmeli menyampaikan, dengan terbentuknya rumah yang sehat, itu artinya masyarakat sudah turut serta mendukung pemerintah dalam rangka mewujudkan program swasembada wc untuk mencapai target ODF diwilayah Kecamatan Kalianda.

“Untuk mencapai tujuan itu, tentunya membutuhkan perhatian serta peran aktif dari pemerintah desa, melalui penganggaran pembuatan jamban ditiap-tiap rumah warga yang masuk dalam katagori masyarakat kurang mampu,” ujarnya.

Dia menjelaskan, untuk percepatan ODF dimasing-masing desa, tentunya tidak hanya dibebankan kepada pemerintah desa saja, tetapi juga pemerintah kabupaten yang juga siap untuk membantu secara teknisnya. Diungkapkannya, untuk Desa Sumur Kumbang pada tahun pertama mendapatkan stimulan jamban untuk 60 rumah warga, dengan target sasaran program jambaniasi sebanyak 210 rumah.

“Dari 269 rumah yang ada di Desa Sumur Kumbang, tercatat hanya 59 rumah yang baru memiliki jamban sehat. Oleh karena itu, agar Desa Sumur Kumbnag bisa mencapai ODF, kami tengah mengusulkan untuk penambahan jamban ke Dinas PUPR Lamsel sebanyak 150 unit, dan sisanya akan di usulkan kembali di tahun 2019,” pungkasnya.(iwn)

BAGIKAN