Wabup Nanang Berharap Warga Terlibat Aktif

749
Wakil Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto

Jaga Kebersihan Lingkungan, Beri Jurus Bak Penampungan

KALIANDA – Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan berharap masyarakat bisa ikut terlibat aktif dalam pembangunan.

Wakil Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto bahkan mengungkapkan keterlibatan itu dapat ditunjukan dengan banyak cara. Salah satunya dengan menjaga kebersihan lingkungan diwilayah masing-masing. Terlebih di Kota Kalianda yang menjadi wajah Kabupaten Lampung Selatan.

Orang nomor dua di Bumi Khagom Mufakat ini berharap Kota Kalianda bisa menjadi contoh kawasan yang selalu bersih dan rapi karena keterlibatan masyarakatnya secara aktif menjaga kebersihan lingkungan.

“Pemerintah selalu berharap masyarakat ikut terlibat. Menjaga kebersihan lingkungan adalah cara yang paling mudah melibatkan diri dalam pembangunan,” ungkap Nanang saat berbincang bersama Camat Kalianda Erdiansyah belum lama ini.

Sebagai wajah Kabupaten, Nanang berharap Kota Kalianda menjadi kota yang benar-benar bersih dan rapih. Untuk mewujudkan itu diperlukan keterlibatan secara aktif dari masyarakatnya yang bertanggungjawab untuk tidak membuang sampah sembarangan. “Kalau sampah berserakan kan nggak enak dilihat,” ungkap dia.

BACA :  Jurusan Kalianda – Natar di Pilkada Lamsel Menggema

Politisi PDIP ini mengakui tidak mudah merubah mind set masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan. Untuk itu dibutuhkan kegigihan semua stakeholder untuk terus berbuat bagi kemajuan daerah khususnya Kota Kalianda.

“Camat juga sebenarnya bisa membuat terobosan dalam melakukan pengelolaan sampah perkotaan. Kalau memang tempat pembuangan sampah jauh dari rumah warga, silahkan menyediakan bak sampah di depan rumah. Tinggal nanti ada petugas yang mengangkut. Mungkin, bisa kita kenakan retribusi pengangkutan sampah yang diatur dalam perda. Pak Camat silahkan saja disosialisasikan agar Kota Kalianda bersih,”ujar Nanang.

Mantan anggota DPRD dua periode ini juga mengajak seluruh elemensi masyarakat berperan aktif dalam urusan menjaga kebersihan. Dia bahkan meminta organisasi kepemudaan ikut ambil bagian dalam urusan sampah yang terus menjadi persoalan itu.

“Saya punya usulan, bagaimana jika organisasi Karang Taruna di Kalianda membuat bak penampungan sampah dan dijual ke toko-toko yang ada di pasar dan rumah-rumah warga di pinggir jalan utama. Itu bisa menjadi pemasukan kas mereka. Maka, saya yakin Kota Kalianda yang bersih dan rapi akan terwujud,”tegasnya.

BACA :  Ratusan Tendik PAUD Ikut Pelatihan Senam

Camat Kalianda Erdiansyah, S.H., MM., mengaku siap melibatkan seluruh masyarakat khususnya yang tinggal di perkotaan. Bahkan, peluang usaha yang diusulkan Wabup juga akan dijalankan.

“Secepatnya kita akan libatkan karang taruna mengenai hal ini. Saya rasa ide itu sangat baik dan menguntungkan. Disisi lain karang taruna untung dengan menjual bak sampah, di sisi lainnya sampah tidak akan berserakan,”tegas Erdi.

Soal menjaga kebersihan, pihaknya berkomitmen akan terus melakukan gerakan bersama dalam mengatasi kebesrsihan kota. Mulai dari gencar melaksanakan Jum’at bersih hingga di waktu senggang lainnya.

“Karena kedepannya saya ingin Kalianda ini menjadi kota wisata yang bersih dan indah. Kami sudah mulai melakukan gerakan-gerakan untuk mewujudkannya,”pungkasnya. (idh)

BAGIKAN