Wacanakan Tambah Wahana Baru di Pantai Teluk Nipah

0

KALIANDA – Pemerintah Kecamatan Kalianda terus berupaya mengembangkan potensi dan keindahan alam di kawasan Pantai Teluk Nipah yang berada Desa Bulok. Salah satu langkah yang bakal dilakukan adalah melalui kelompok sadar wisata (pokdarwis) desa supaya bisa menciptakan wahana baru di lokasi tersebut.

Camat Kalianda Erdiansyah, SH, MM mendorong pemerintah desa setempat melalui pokdarwis bisa membuat sebuah resort yang berbasis masyarakat. Selain itu, dataran tinggi berupa perbukitan juga bisa menjadi salah satu lokasi untuk dijadikan sebagai wahana pariwisata.

“Kami menindaklanjuti kunjungan dari Menteri BUMN beberapa waktu lalu. Ada beberapa catatan yang kita peroleh dari hasil survey hari ini. Selain pas dibangun resort berbasis masyarakat, dataran tinggi ini bisa jadi taman rekreasi bukit bintang seperti di Yogyakarta. Disitu bisa kita tambah dengan wahana Paralayang untuk menarik minat wisatawan,” ungkap Erdi disela kunjungannya di Pantai Teluk Nipah, kemarin.

Dia menambahkan, dari titik lokasi tertinggi bukit tersebut kita bakal disuguhkan pemandangan indah yang sangat mempesona. Yakni, beberapa tempat wisata bahari seperti  Pantai Marina, Pantai Tapak Kera serta hamparan luas pasir putih terlihat jelas dari lokasi tersebut.

“Kami harap pokdarwis desa bisa menangkap potensi ini. Karena, sekarang ini desa memiliki anggaran yang cukup besar dari pusat. Anggaran itu sangat mungkin di alokasikan untuk kegiatan kepariwisataan,” imbuhnya.

Meskipun kawasan pantai tersebut berada di dalam kawasan PTPN 7, lanjutnya, tidak menjadi penghalang untuk di kembangkan. Pasalnya, Menteri BUMN telah memberikan lampu hijau dan siap berkolaborasi dengan masyarakat desa untuk pengembangan pariwisata berbasis masyarakat.

“Pada dasarnya perusahaan milik pemerintah ini untuk kesejahteraan masyarakat. Kedepan, kami bersama pokdarwis akan terus melakukan promosi melalui media sosial secara rutin. Supaya masyarakat luas mengetahui adanya destinasi wisata di wilayah kita,” tukasnya.

Sementara itu, Kades Bolok Kuswanto menyambut baik wacana yang disampaikan Camat Kalianda tersebut. Pasalnya, jika kawasan Teluk Nipah bisa berubah menjadi kawasan wisata terpadu bakal membawa dampak ekonomi yang positif bagi warganya.

“Kalau wilayah kita ini ramai dikunjungi oleh wisatawan, tentunya akan membawa imbas ekonomi yang baik untuk masyarakat. Bisa kita lihat tempat wisata yang sudah ramai, masyarakat sekitar pasti lebih sejahtera. Kami harap, BUMN bisa mensuport dengan cara memperbaiki akses jalan menuju lokasi dan juga sarana penunjang wisata lainnya,” pungkasnya. (idh)

Leave A Reply

Copyright © 2017. Radar Lamsel