Waduh..! Lima OPD Akan Diperiksa Inspektorat Lampung

0

KALIANDA – Inspektorat Provinsi Lampung dalam waktu dekat ini akan melakukan pemeriksaan terhadap lima Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkup pemerintah kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan.

Pemeriksaan itu dilakukan, untuk menindaklanjuti hasil temuan menyangkut soal administrasi keuangan tahun anggaran 2016 yang dinilai melanggar aturan. Kelima OPD tersebut adalah Dinas Kebersihan dan Pertamanan, Dinas Pendapatan Daerah, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan KB, Dinas Pemuda dan Olahraga, serta Dinas Koperasi dan UKM.

Itu disampaikan Inspektur Provinsi Lampung Syaiful Dermawan, dalam acara Entry Brifing Inspektorat Provinsi Lampung, di Aula Krakatau Kantor Bupati Lampung Selatan, Rabu (11/10) kemarin.

Menurut Syaiful, pemeriksaan yang akan dilakukan pihaknya itu untuk dilakukannya perbaikan atas kesalahan yang terdapat dalam pencatatan administrasi keuangan dimasing-masing OPD terkait. “Mengenai nilainya kami tidak bisa sebutkan. Sebab, pemeriksaan yang akan kami lakukan nanti sifatnya untuk perbaikan administrasi saja,” ungkap Syaiful.

Pihaknya juga menegaskan, jika temuan yang didapat tersebut tidak segera diselesaikan atau dikerjakan oleh masing-masing OPD, dikhawatirkan kedepannya akan timbul opini negatif dari BPK terhadap Pemkab Lamsel.

“Hanya soal administrasi malah nanti Pemkab Lamsel menjadi sorotan BPK, itu yang harus kita hindarkan. Dan masing-masing OPD saya minta juga jangan menganggap remeh adanya hasil temuan ini,” katanya.

Sementara itu Sekkab Lamsel Ir. Fredy Sukirman menuturkan, terkait adanya temuan baik oleh BPK maupun Inspektorat di masing-masing OPD di pemkab Lamsel, pihaknya meminta kepada OPD terkait untuk segera melakukan perbaikan, agar permasalahan yang terjadi tidak sampai berlarut-larut.

“Masing-masing OPD kami ingatkan agar dapat melakukan semua kegiatan sesuai dengan aturan. Dan setiap kegiatan yang dilaksanakan harus diback-up dengan administrasi yang baik dan benar. Jika masih banyak temuan, artinya administrasi kita (Pemkab Lamsel, red) yang belum baik,” pungkasnya. (iwn)

Leave A Reply

Copyright © 2017. Radar Lamsel