Wakili Lamsel, SDN1 Triharjo Bidik Juara Lomba UKS

13
Rifky - Kadis Pendidikan Lamsel Burhanudin saat meninjau langsung kesiapan SDN 1 Triharjo, Selasa (15/10).

MERBAU MATARAM – SDN 1 Triharjo, Kecamatan Merbau Mataram menjadi satu-satunya wakil Lampung Selatan di ajang lomba Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) tingkat Provinsi Lampung pada 21 Oktober mendatang.

Bila menjadi yang terbaik pada ajang tingkat provinsi itu, maka SDN1 Triharjo berkesempatan melaju ke jenjang nasional. Karenanya pihak sekolah sedang berupaya mempersiapkan agenda tersebut.

Sangking seriusnya, sampai-sampai Kepala Dinas Pendidikan Lampung Selatan Burhanuddin meninjau langsung SD kebanggaan warga Desa Triharjo itu. Burhan begitu sapaannya mengatakan dalam persiapannya SDN 1 Triharjo melibatkan tim UKS Kabupaten, tim UKS Kecamatan Merbau Mataram dan tim UKS sekolah.

“Secara fisiknya ini sekolah yang mempersiapkan, semua ini adalah kerjasama antara tim UKS yang ada di kabupaten, UKS yang ada di kecamatan dan yang ada di desa,” ucap Burhanuddin kepada Radar Lamsel di SDN 1 Triharjo, Selasa (15/10).

BACA :  Sinkronisasi Dapodik, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Akan Bangun Sistem Website di Seluruh Sekolah

Burhan juga mengatakan bahwa tim dari kabupaten sebelumnya mengadakan survey ke setaip Kecamatan untuk mencari sekolah yang diunggulkan. “Sebelumnya kami melakukan penilaian di setiap kecamatan, dengan adanya surat keterangan pemenang, itulah yang kami gunakan untuk mengajukan ke provinsi,” kata Burhan.

Sementara itu Kepala Sekolah SDN 1 Triharjo Subariyah sudah mempersiapan dari segi fisik maupun Program Kerja (Pogja) guna mendapatkan penilaian terbaik. “Sebelumnya kami sudah di adakan disekolah kami berbagai macam pogja, semuanya sudah terlaksana dengan baik,” pungkas Subariyah.

Demi menjaga kebersihan di lingkungan sekolah dan mencegah adanya sampah plastik, Adiwiyata menggandeng sekolah itu dan membentuk Pokja kebersihan lingkunga yang sudah rutin dilakukan oleh siswa, seperti menyapu dan memilah sampah organik dan non organik.

BACA :  Keluarga Besar SMANSAKA Gelar Peringatan Maulid Nabi

“Ada yang bersih-bersih menyapu setap harinya, sampah juga dipalah, siswa juga sudah kami himbau untuk menghindari adanya sampah plastik, untuk jajan diwaktu istirahat juga sudah disediakan kantin sehat, makanannya alami dibuat,” tutur Subariyah.

Masih kata Subariyah, dirinya mengatakan bahwa UKS di sekolah tersebut juga sudah terlaksana dengan baik. “Ada juga dokcil, jadi jika ada yang sakit temennya sendiri yang mengobati, entah itu di kerik atau diberi obat, itu semua dalam bimbingan pengawas,” beber Subariyah.(CW1)

BAGIKAN