Waspada, Debit Sungai Way Sekampung Naik

130
David Zulkarnain – Salah satu halaman rumah warga Dusun Pusingan, Desa Kuala Sekampung tergenang luapan Sungai Way Sekampung, Senin (25/2). Saat ini volume air Sungai Way Sekampung sedang meningkat, warga diimbau waspada.

SRAGI – Masyarakat yang bermukim dibantaran Sungai Way Sekampung di wilayah Kecamatan Sragi harus meningkatkan kewaspadaanya. Pasalnya, saat ini volume air Sunga Way Sekampung mulai mengalami peningkatan.

          Pantauan Radar Lamsel, akibat meningkatnya vulume air Sungai Way Pisang, luapan air sungai mulai memasuki pemukiman dan perkebunan di Dusun Pusingan, Desa Kuala Sekampung setinggi mata kaki orang dewasa.

          Yunita (46), salah satu warga Dusun Pusingan, Desa Kuala Sekampung mengatakan, luapan air Sungai Way Pisang mulai memasuki pemukiman warga pada Senin (25/2) dini hari. Hal itu disebabkan volume air sungai yang terus meningkat.

BACA :  Kasus DBD Meningkat, Puskesmas Lakukan Foging dan Sosialisasi

          “Air sungai sudah naik tadi pagi, dan menggenangi halaman rumah setinggi mata kaki. Saat ini air sungai juga terus meningkat, mungkin di hulu sedang terjadi hujan,” tutur Yunita saat ditemui Radar Lamsel.

          Salah satu anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Lampung Selatan Sukur Evendi mengamini bahwa volume air Sungai Sekampung saat ini sedang mengalami peningkatan.

Beradasarkan dari hasil pemantauan, kata Sukur, dibeberapa titik luapan air Sungai Way Sekampung sudah memasuki pemukiman dan perkebunan warga di Dusun Pusingan, Desa Kuala Sekampung.

BACA :  Timbulkan Debu, Aktivitas Pengerukan Tanah Dikeluhkan Warga

          “Dibeberapa titik luapan air sungai memang sudah memasuki pemukiman pemukiman dan perkebunan sawit di Dusun Pusingan, Desa Kualajaya. Sementara di Desa Bandaragung meski air sungai juga meningkat namun belum naik kedarat,” papar Sukur.

          Meski volume air Sungai Way Sekampung belum mengalami peningkatan yang signifikan, namun ia mengimbau masyarakat untuk tetap waspada.

          “Kami juga mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. Pasalnya apabila dihulu sungai terjadi hujan lebat kemungkinan banjir bisa terjadi,” pungkasnya. (vid)

BAGIKAN