Waspadai Penyakit Musim Hujan

434

PENENGAHAN – Unit Pelaksana Teknis Puskesmas Rawat Inap (UPT PRI) Penengahan dan Rajabasa mengklaim wilayahnya masih aman dari kasus malaria dan demam berdarah dengue (DBD). Penegasan ini disampaikan oleh kedua Kepala UPT PRI saat dikonfirmasi Radar Lamsel, Selasa (24/3) kemarin.

Syaiful menerangkan, berdasarkan hasil monitoring yang dilakukan pihaknya, sampai saat ini belum ada tanda-tanda serangan penyakit yang ditimbulkan oleh nyamuk mematikan tersebut. “Bahkan belum ada dugaan masyarakat yang terinfeksi, baik DBD ataupun Malaria,” katanya.

BACA :  Pimpinan Definitif DPRD Lamsel Resmi Dilantik

Meski belum menemukan tanda-tanda, Syaiful mengatakan pihaknya masih waspada. Pasalnya, kedua penyakit tersebut sering datang tak terduga saat hujan melanda seperti sekarang ini. “Kita tak bisa lengah, karena cuaca seperti sekarang ini rentan menimbulkan banyak gejala penyakit,” katanya.

Syaiful melanjutkan, pihaknya akan segera mengetahui bila ada masyarakat yang terjangkit DBD diwilayah itu. Sebab, UPT PRI Penengahan sudah memberikan himbauan kepada masyarakat untuk segera memberitahukan bila ada warga yang mengidap gejala DBD.

BACA :  Kasus Turhamun Coreng Pengawasan DD

“Kita sudah sampikan kepada masyarakat, bila ditemukan ciri-ciri penyakit DBD agar segera melaporkan ke pihak desa atau langsung ke pihak puskesmas. Langkah ini kita ambil agar penanganan DBD bisa cepat dilakukan,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala UPT PRI Rajabasa Khilmiah, S.Km ikut menegaskan bahwa Kecamatan Rajabasa juga masih aman. “Sampai minggu ini masih aman, belum ada laporan yang serius soal DBD. Sama halnya dengan Malaria, semoga saja kondisi seperti ini terus berlanjut,” pungkasnya. (rnd)

BAGIKAN