YJI Lamsel Kukuhkan Pengurus 58 KJS 9 Kecamatan

474

Winarni: Ayo Besarkan Senam Jantung Sehat!

BAKAUHENI – Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Lampung Selatan terus berupaya menyebarkan virus senam hingga ke pelosok desa. Ini terlihat setelah diresmikannya Klub Jantung Sehat (KJS) 9 kecamatan yang digelar di Menara Siger, Kecamatan Bakauheni, Selasa (11/9) kemarin.

Ketua YJI Cabang Lamsel Winarni Nanang didampingi Sekretaris YJI Rosdiana dan Ketua IPKJS Lamsel Ariswandi berfoto bersama anggota KJS usai pengukuhan kepengurusan.

Kecamatan yang membentuk klub jantung sehatnya adalah Penengahan, Bakauheni, Candipuro, Waysulan, Merbau Mataram, Palas, Sragi, Sidomulyo dan Kalianda. Dari 9 kecamatan ini, total ada 58 klub jantung sehat.

Winarni Nanang, selaku Ketua YJI Cabang Lampung Selatan mengukuhkan secara langsung pengurus KJS di tiap kecamatan. Dalam sambutannya, Winarni meminta seluruh anggota KJS mengaplikasikan senam yang dilakukan dengan rutin di seluruh desa.

Pengukuhan pengurus KJS, lanjut Winarni, bukan hanya dibuat-buat, tetapi harus mengikuti aturan karena klub memiliki AD/ART yang terorganisir dan terstruktur.

“Tujuan kita bersama membesarkan senam jantung sehat, dan memasyarakatkan olahraga. Tujuan kita bukan hanya tiap kecamatan, tetapi juga sampai ke desa, dusun, RT, bahkan daerah pelosok sekali pun,” kata Winarni.

Ketua YJI Cabang Lamsel Winarni didampingi Sekretaris YJI Rosdiana saat menyamapikan sambutan pada acara pengukuhan pengurus Klub Jantung Sehat (KJS) di menara Siger, Bakauheni.

BACA :  Pulau Mengkudu Siap untuk Tahun Baru

Menurut wanita yang juga akrab disapa Bunda ini, anggota KJS adalah pejuang-pejuang kesehatan yang tak hanya berjuang di luar bagi kepentingan orang banyak, tetapi juga pejuang bagi keluarga.

“Kami menyambut siapa saja yang mau bergabung, karena tujuan kita di sini demi kebaikan. Tapi saya pesan, kalau mau bergabung, setiap anggota KJS harus meminta izin dari kepala keluarga agar niat sehat di ridhoi,” katanya.

Ketua YJI Cabang Lamsel Winarni didampingi Sekretaris YJI Rosdiana berfoto bersama pengurus Klub Jantung Sehat (KJS) di menara Siger, Bakauheni.

Winarni mengatakan senam jantung sehat juga bisa menghasilkan pendapatan bagi anggotanya. Yaitu dengan menjadi pelatih senam. Sejauh ini, pelatih senam resmi berjumlah 66 orang di Kabupaten Lamsel.

“Jika ada anggota yang ingin menjadi pelatih bisa mengikuti trainingnya, nanti dimulai dengan pelatihan dasar. Kalau sudah mahir melatih, nanti bisa diundang dan menghasilkan pendapatan,” katanya.

Ketua YJI Cabang Lamsel Winarni (kanan) didampingi Sekretaris YJI Rosdiana (tengah) menyerahkan AD/ART kepada pengurus Klub Jantung Sehat (KJS) di menara Siger, Bakauheni.

Sampai saat ini, seluruh kecamatan di Kabupaten Lampung Selatan sudah membentuk KJS yang berjumlah sekitar 250 klub. Jumlah ini akan terus bertambah karena YJI Lamsel masih akan membentuk pengurus KJS di tiap kecamatan yang memiliki jumlah klub masih sedikit.

BACA :  Mayat Anonim di Pantai Belebuk Bukan Masroni

“Target kita 500 klub, nanti ada penambahan lagi. Nanti seluruh KJS ini akan diadakan lomba dalam waktu dekat, tepatnya pada peringatan Hari Jantung Sedunia 9 September mendatang,” katanya.

Sekretaris YJI Cabang Lamsel Rosdiana mengatakan pihaknya meminta seluruh pengurus agar lebih giat berlatih dan menerapkan senam dengan sungguh-sungguh. Dengan begitu, KJS yang sudah dibentuk akan menghasilkan anggota-anggota yang berprestasi.

“Nanti kan ada lomba, kami harap KJS-KJS dapat menampilkan aksi senam yang kompak dan menghibur,” katanya.

Ketua Ikatan Pelatih Klub Jantung Sehat Ariswandi, S.H.,M.H menambahkan, sebagai ketua ikatan pelatih, pihaknya juga mengajak peserta klub jantung sehat agar selalu menerapkan hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

“Senam jantung sehat harus menjurus ke dalam kehidupan sehari-hari. Masyarakat yang berolahraga harus bisa memasyarakatkan olahraga,” katanya.

Ariswandi juga meminta anggota KJS yang sudah dibentuk untuk bersungguh-sungguh mengelola klub, sehingga kedepannya masyarakat bisa ikut menanamkan olahraga dalam kepribadiannya.

Ketua YJI Cabang Lamsel Winarni (tengah) didampingi Sekretaris YJI Rosdiana (kiri) senam jantung sehat bersama seluruh pengurus Klub Jantung Sehat (KJS) di menara Siger, Bakauheni.

“Seperti yang dikatakan Bunda Winarni, tujuan YJI adalah membesarkan senam jantung sehat. Jika ini tercapai, seluruh masyarakat Lamsel akan merasakan dampak yang baik bagi kesehatan tubuhnya,” katanya. (adv)

BAGIKAN