Zainudin : Calon Kades Harus Siap Kalah

0

KALIANDA – Pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak tahun 2017 dipastikan akan digelar 22 Mei mendatang. Berbagai persiapan telah dilakukan untuk mensukseskan pesta demokrasi di tingkat desa tersebut.

Bupati Lampung Selatan H. Zainudin Hasan berharap pelaksanaan pilkades serentak bisa berjalan lancar dan kondusif. Sehingga, dapat menciptakan pemimpin yang bisa membawa kemajuan bagi desanya masing-masing.

Itu ditegaskannya saat menyampaikan arahan pada rapat teknis persiapan Pilkades serentak yang digelar di Aula Rajabasa Kantor Bupati Lamsel, Kamis (18/5) kemarin.

Orang nomor satu di Bumi Khagom Mufakat ini berpesan kepada seluruh calon kepala desa (kades) agar siap mnerima kekalahan dalah pilkades serentak. Sehingga, apapun hasil dalam pesta demokrasi itu bisa diterima dengan lapang dada.

“Kalau menang, pasti semua siap. Seperti petinju di ring kalau menang sudah pasti merangkul lawan yang kalah. Tetapi, saya harap semua calon kades bisa memiliki asumsi untuk siap kalah dulu,”ungkap Zainudin.

Adik kandung Ketua MPR-RI H. Zulkifli Hasan ini juga menekankan kepada calon kades yang menang nanti bisa merangkul rival nya yang kalah. Serta, tidak saling membenci calon lainnya.

“Supaya iklim kondusif di desa tetap terjaga usai pelaksanaan Pilkades. Tarik lawan yang kalah untuk bergabung, tawarkan dia untuk membantu desa menjadi BPD dan dewan penasehat supaya pembangunan di desa dapat berjalan dengan maksimal,”tegasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, kades terpilih nantinya harus memiliki program kerja yang membangun. Jangan sampai mengikuti arah kebijakan mantan kades yang salah. Pasalnya, kades memiliki kewenangan menggunakan anggran yang cukup besar.

“Ikuti saja aturan yang ada. Saya yakin pembanguan di desa dapat berjalan dengan baik kalau itu berjalan sesuai ketentuan. Buat program pembangunan yang masuk akal dan berguna bagi masyarakat,”lanjutnya.

Yang tidak kalah penting lainnya, kata Zainudin, kades terpilih juga wajib dekat dengan warganya. Caranya, dengan turun ke bawah untuk menyerap aspirasi atau keluhan warga. Dengan demikian, dapat mengetahui berbagai isue yang timbul dikalangan masyarakat.

“Kades ini jabatan politik. Harus siap untuk bekerja selama 24 jam penuh. Yang terakhir, ngantor itu bukan di rumah. Jaga baik-baik kepercayaan yang telah diberikan masyarakat,”tukasnya.

Sementara itu, Kabag Otda Setdakab Lamsel Saripudin memastikan berbagai tahapan penyelenggaraan pilkades serentak telah dilaksanakan. Saat ini, pihaknya juga mulai mendistribusikan surat suara dan undangan ke seluruh kecamatan yang ikut dalam pilkades serentak tahun ini.

“Setelah rapat persiapan teknis ini para camat langsung kami minta membawa logistik keperluan pilkades. Yakni berupa surat suara, kotak suara, bantalan, alat coblos, tinta dan lain sebagainya,”pungkas Saripudin.

Untuk diketahui, sebanyak 41 desa di 13 kecamatan akan mengikuti pelaksanaan pilkades serentak Tahun 2017 ini dengan jumlah calon kades sebanyak 143 orang.(idh)

Leave A Reply

Copyright © 2017. Radar Lamsel