Zainudin Datang, Polemik Palas Aji Mencair

1263
Edwin Apriandi – Bupati Lampung Selatan H. Zainudin Hasan blusukan meninjau pembangunan jalan di Desa Palas Aji Kecamatan Palas yang disoal warga setempat. Dilokasi itu Zainudin didampingi Kepala BPMD Lamsel H. Edi Firnandi meminta Kades Palas Aji Heri Susanto menindaklanjuti rekomendasi penambahan volume pekerjaan dan mengembalian uang.

Kades Wajib Kembalikan Uang

PALAS – Bupati Lampung Selatan H. Zainudin Hasan menunjukan sikap responsif terhadap persoalan dana desa (DD) yang terjadi dilapangan.

Kemarin orang nomor satu di kabupaten berjuluk Khagom Mufakat ini mencairkan polemik DD di Desa Palas Aji, Kecamatan Palas yang sebelumnya mendapat penolakan masyarakat desa setempat.

Selain mencairkan situasi dan kondisi yang sempat memanas, Zainudin juga meminta agar Kades Palas Aji Heri Susanto untuk dapat menjalankan rekomendasi atas LHP Inspektorat terhadap pekerjaan DD yang belum sesuai. Antara lain pembangunan rabat beton yang dinilai kurang volume.

Dari taksiran yang dilakukan Zainudin, pembangunan rabat beton itu harus ditambah. Adapun besaran biaya yang harus digelontorkan untuk menambah pembangunan itu sebesar Rp 24 Juta.

“Kalau PU menghitung Rp 20 Juta, masih kurang. Ini tambahannya Rp 24 Juta,” ungkap Zainudin yang langsung meninjau pembangunan rabat beton bersama-sama masyarakat desa kemarin.

BACA :  BMKG Perdiksi Musim Hujan Turun Oktober

Tak hanya itu Kades juga diminta untuk memulangkan kelebihan anggaran pembangunan paving block senilai Rp 24 Juta dan pembangunan jembatan sebesar Rp 7 Juta. Ditambah anggaran pengurus peringatan hari besar Islam (PHBI) Palas Aji sebesar Rp 4,5 Juta.

Semua uang tersebut ditegaskan Zainudin harus dikembalikan. Pengembalian itu sebagai bentuk konsekuensi dan tanggungjawab pemimpin desa dalam mengelola dana desa (DD) yang notabennya adalah uang rakyat.

“Ini bukan amnesti (pengampunan). Kalau tahun depan Kades masih berbuat yang tidak sesuai aturan kita pecat,” tegas Zainudin disambut riuh tepuk tangan masyarakat.

Zainudin juga mengingatkan kepada para kepala desa (Kades) diseluruh Lamsel untuk bekerja sesuai aturan dan ketentuan. Terlebih pada tahun 2017 mendatang DD yang bakal digelontorkan ke desa akan jauh lebih besar. “Ingat setidak-tidaknya 70 persen untuk memperbaiki infrastruktur jalan. Supaya program pembangunan dari pusat sampai ke desa itu bersinergi. Yaitu memperbaiki infrastruktur jalan,” ungkap dia.

BACA :  Petambak Tradisional Berguguran

Tak ketinggalan Zainudin meminta agar publik khususnya masyarakat desa bisa mengawasi program pembangunan yang dilaksanakan. Baik yang dilakukan oleh pemerintah daerah provinsi, kabupaten maupun desa. “Peran serta masyarakat ini akan membantu pengawasan. Saya harap ada badan pengawas yang dibentuk desa untuk mengawasi setiap pembangunan,” pungkas dia.

Sementara itu kedatangan Zainudin kemarin disambut gembira masyarakat. Masyarakat bahkan berduyun-duyun membuntuti Zainudin saat blusukan meninjau pembangunan desa yang dipersoalkan warga di Desa Palas Aji.

Aksi blusukan itu tak hanya dibuntuti masyarakat. Sejumlah pejabat juga nampak hadir dalam kegiatan itu. Antara lain Plt. Asisten Bidang Pemerintahan H. Mulyadi Saleh; Kepala BPMD Lamsel H. Edi Firnandi; Plt. Kadis Pendidikan Anas Ansori; Plt. Kadishub Henry Dunan; Plt. Inspektur Inspektorat Lamsel Syahlani dan Camat Palas Rika Wati. (edw)

 

BAGIKAN