Zainudin Semprot Kinerja Kabag Otda

530

KALIANDA – Kinerja Bagian Otonomi Daerah (Otda) Setdakab Lampung Selatan dipertanyakan Bupati Lamsel H. Zainudin Hasan. Itu menyangkut tahapan pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak yang dianggap minim koordinasi.

Tensi orang nomor satu di Bumi Khagom Mufakat ini pun meninggi tatkala berbicara soal tahapan pilkades serentak. Bahkan dia blak-blakan menilai kinerja Kepala Bagian Otda Pemkab Lamsel Saripudin, dengan nilai kurang.

“Tidak ada laporan tahapan pilkades, tahu nya kemarin saya kaget sudah ada deklarasi damai. Tahapan seleksi calon nya seperti apa. Saya tidak diberi tahu sama sekali. Kades ini jabatan politik. Sangat rawan,”tegas Zainudin saat rakor di Aula Krakatau, kemarin.

Menurutnya, tahapan pilkades harus berjalan dengan baik dan benar. Pasalnya, saat ini kades mengelola anggaran yang cukup besar dan harus dipertanggungjawabkan.

“Kalau seleksi calon kadesnya tidak benar, pasti kinerjanya juga tidak benar. Jangan-jangan, ada calon kades yang mulai melakukan sogok menyogok untuk warganya agar dipilih. Masuk neraka kita semua ini kalau sampai kejadiannya seperti itu,”imbuhnya.

Mengenai jumlah daftar pemilih tetap (DPT) yang tak kunjung usai, juga menjadi perhatian putra kelahiran Desa Pisang, Kecamatan Penengahan ini. Dia meminta Bagian Otda agar bergerak cepat dan tepat. Sehingga, pilkades serentak bisa berjalan dengan maksimal.

“Kades ini bakal memegang banyak program. Kalau kadesnya tidak memiliki pendidikan yang baik, kita khawatir bisa menjerumuskan dia. Maka saya wanti-wanti betul kepada warga agar tidak salah memilih calon kades,”tutupnya.

Sementara itu, Kabag Otda Saripudin memastikan jumlah DPT di 41 des yang akan melakukan pilkades serentak tahun 2017 telah rampung. Pihaknya juga telah siap melakukan pencetakan surat suara.

“Pendataan DPT sudah masuk dari panitia pilkades desa. Jumlah nya sebanyak 101.432 suara. Kita akan segera melakukan pencetakan surat suara,”kata Saripudin tanpa membeberkan anggaran untuk pencetakan surat suara tersebut, kemarin. (idh)

BAGIKAN