Zainudin Tinjau Jembatan Gantung Jelujur

835
FOTO DIMAS - Bupati Lamsel DR. H. Zainudin Hasan, M.Hum saat meninjau jembatan gantung darurat di Dusun Jelujur, Desa Rulungmulya, Rabu (26/7).

NATAR – Bupati Lampung Selatan DR. H. Zainudin Hasan, M. Hum meninjau jembatan gantung darurat di Dusun Jelujur, Desa Rulungmulya, Rabu (26/7). Jembatan tersebut menjadi akses yang menghubungkan Kabupaten Lampung Selatan dengan Kabupaten Pesawaran.

Kepada Radar Lamsel, orang nomor satu di Bumi Khagom Mufakat itu mengatakan, terima kasih kepada Vertical Rescue Indonesia yang telah membangun jembatan gantung darurat. Ia mengikuti perkembangan melalui media sosial (medsos), karena hampir setiap hari kurang lebih selama satu bulan ia selalu dikirim gambar dari waktu ke waktu. “Maka Camat dan Kepala UPT PU saya minta turun langsung ke sini,” katanya.

Kemudian ia langsung buatkan surat untuk bermohon kepada Kementerian PU-PR agar dua kabupaten inibisa dihubungkan. Karena akses tersebut menghubungkan Kabupaten Lampung Selatan dan Kabupaten Pesawaran, bukan hanya dua desa. Jadi itu berbicara kepentingan kedepannya. “Alhamdulillah adik-adik dari VRI cepat dan tanggap untuk ambil langkah juga. Dengan anggaran yang tidak besar juga lebih kurang 25 juta rupiah,” jelas dia.

Maka ini bisa jadi pembelajaran untuk semua. Dan menjadi pemimpin tidak boleh hanya duduk menunggu laporan masyarakat. Maka ia meminta para Camat, UPT PU juga termasuk para kepala desa segera laporkan desa-desa yang punya keadaan darurat seperti ini. “Setelah ada gambaran kita bisa kerjasama dengan VRI. Jadi dengan dana yang terbatas bisa untuk mengatasi hal-hal yang mendesak seperti itu kedepanya,” ujar Zainudin.

Ia berharap masyarakat diberikan pemahaman untuk tidak semena-mena menggunakannya. Bukan masalah rusak jembatannya, tetapi kalau jebol berbahaya karena nyawa taruhannya. “Jadi usahakan maksimal tiga orang secara bergantian, kalau sekaligus berbahaya nantinya. Jadi saya minta ada piket bergantian di waktu-waktu ramai,” harap dia.

Sementara itu, Camat Natar Setiawansyah, AP. M.Si mengucapkan terima kasih kepada Bupati Lamsel sudah langsung meninjau jembatan gantung dan juga Bupati sudah menyeberangi atau mencoba jembatan gantung. Mudah-mudahan jembatan tersebut bisa bermanfaat yang besar bagi masyarakat. “Harapan kami tentunya agar dipelihara dengan baik oleh masyarakat. Jangan sampai jembatan tersebut tidak bertahan lama karena tidak dipelahara dengan baik oleh masyarakat,” pungkasnya. (dms)

BAGIKAN